Prosesor Tua Berumur 14 Tahun Berhasil Tembus Kecepatan 8,3 GHz - TARGET RIAU

Senin, 14 Desember 2020

Prosesor Tua Berumur 14 Tahun Berhasil Tembus Kecepatan 8,3 GHz


TARGETRIAU.COM - Meski sudah berusia 14 tahun, sebuah prosesor Intel Celeron D 347 ternyata masih kuat dipaksa berlari jauh di atas kecepatan normalnya lewat teknik Overclocking. Frekuensi kerja prosesor tersebut bahkan bisa mencapai kisaran 8,36 GHz.

Angka itu lebih tinggi dibanding prosesor Intel terbaru, seperti Core i9-10900K yang paling tinggi tercatat bisa berjalan di kecepatan 7,71 GHz.

Sang pemilik yang menggunakan username ivanqu0208 pun mendaftarkannnya ke situs HWBOT yang merupakan acuan peringkat overclocking dunia, di mana prosesor tersebut bertengger sebagai salah satu pemegang angka frekuensi tertinggi.

Celeron D 347 sendiri merupakan prosesor single-core dengan base clock 3,06 GHz. Saat pertama dirilis, prosesor ini populer di kalangan overclocker karena relatif mudah digenjot agar berjalan di atas normal.

Meski demikian, tiap unit prosesor memiliki potensi overclock yang berbeda-beda karena variasi manufaktur. Celeron D 347 di tangan Ivanqu0208 berhasil dipaksa berjalan hampir tiga kali lebih tinggi dari kecepatan standar dengan bermodal pendingin nitrogen cair.

Pendingin ekstrim tersebut diperlukan agar prosesor bisa berjalan di kecepatan sangat tinggi tanpa mengalami overheat. Komponen pendukung lainnya yang dipakai adalah satu buah motherboard Asus P5E64 WS Professional, dan RAM DDR3 berkapasitas 2 GB.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmodo, Senin (14/12/2020), meski berjalan dengan clockspeed sangat tinggi, prosesor ini bukan pemegang rekor dunia.

Menurut Guiness World Record, Predikat itu adalah milik seorang pegawai AMD asal Texas, Amerika Serikat, yang pada 2014 berhasil melakukan overclocking prosesor FX-8370 hingga mencapai frekuensi 8,72 GHz.

Lain lagi menurut CPU-Z OC World Records, yang memperlihatkan bahwa rekor frekuensi tertinggi sepanjang masa masih dipegang oleh sebuah prosesor AMD FX-8350 yang menorehkan kecepatan 8,8 GHz.(***)




Sumber(www.tekno.kompas.com)

Bagikan berita ini

Disqus comments