Temui Gubri, Bupati Meranti Gesa Pembangunan Jalan Alai - Mengkikip - TARGETRIAU

Kamis, 25 Maret 2021

Temui Gubri, Bupati Meranti Gesa Pembangunan Jalan Alai - Mengkikip


PEKANBARU - Untuk pertama kalinya setelah dilantik, Bupati Kepulauan Meranti HM Adil SH bersilaturrahmi ke Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di kediaman Gubri Kompleks Gubernuran Jl Diponegoro, Pekanbaru, Kamis (25/3/2021) pagi. 

Dalam pertemuan itu Bupati Adil mengharapkan sinergi program pembangunan antara Meranti dan Pemprov Riau. Terutama program pembangunan infrastruktur jalan, khususnya kelanjutan jalan poros Alai-Mengkikip yang merupakan jalan provinsi. 

"Kami mohon sangat jalan ini diselesaikan oleh provinsi. Namun terakhir kami lihat dalam anggaran provinsi tahun ini hanya untuk satu setengah kilometer sementara sisa panjang jalan yang harus dibangun sekitar 28 kilometer," ujar Bupati. 

Bahkan secara khusus Bupati menekankan pentingnya keberadaan jalan Alai-Mengkikip ini bagi perkembangan ekonomi Meranti ke depan. Selain membuka keterisoliran juga akan mendorong ekonomi masyarakat. "Sebab itu kami harap Provinsi dapat menyelesaikan jalan ini secepatnya," ungkap dia. 


Bupati juga memaparkan beberapa program strategisnya yang diharapkan bisa disinergi dengan provinsi mengingat beberapa kewenangan ada di provinsi. Diantaranya pembangunan lembaga pendidikan terpadu dan program beasiswa pendidikan tinggi. 

"Saya sebagai orang baru tentu harus banyak berdiskusi dan minta saran dengan Pak Gubernur. Untuk diketahui Meranti sangat miskin dan tingkat pendidikannya terendah di Riau" urainya. 

Menanggapi usul Bupati Meranti, Gubri mengakui jalan Alai-Mengkikip tetap masuk prioritas provinsi. Namun mengingat anggaran provinsi juga sangat terbatas, maka jalan tersebut belum dapat dibangun sepenuhnya. 

"Saat ini kami sedang perjuangkan ke program hibah untuk pembangunan infrastruktur yang ada di Bappenas. Mudah-mudahan ini bisa masuk karena program itu hanya untuk tiga daerah yaitu Sumsel, Riau dan Sulsel," ujar dia. 


Terkait sekolah terpadu, Gubri menyarankan Meranti mencontoh Siak yang membangun Islamic Centre. "Mungkin nanti Pak Bupati bisa melihat di Siak. Sekarang sudah jadi sekolah faovorit dengan akreditasi A. Dengan begitu nanti dapat dikelola Pemda," kata Gubri. 

Sementara untuk beasiswa terutama Fakultas Kedokteran di Universitas Riau (UR) tetap ada. Namun jika Meranti ingin dengan jumlah yang lebih dan bersifat khusus dapat langsung menjalin kerjasama dengan UR. 

Gubri yang pernah menjabat Pj Bupati Kepulauan Meranti yang pertama ini juga meyakinkan program merangkai pulau di Riau tetap menjadi prioritas. Untuk itu Bupati Meranti diminta menyiapkan perencanaan untuk infrastruktur merangkai pulau tersebut. 

Pertemuan yang berlangsung hangat itu juga diisi dengan cerita kenangan saat Gubri bertugas di Meranti dulu. Pertemuan diakhiri dengan foto bersama.(Humas Pemkab. Meranti).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments