Bupati H.M Adil Pimpin Rakor Peningkatan Produksi Pertanian dan Perbaikan Tanggul Sawah - TARGETRIAU

Senin, 05 Juli 2021

Bupati H.M Adil Pimpin Rakor Peningkatan Produksi Pertanian dan Perbaikan Tanggul Sawah


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, memimpin rapat koordinasi (Rakor) peningkatan produksi pertanian khususnya beras dan percepatan perbaikan tanggul diarea persawahan Kabupaten Meranti, bertempat di Aula Kantor Bupati, Senin (5/7/2021).

Turut mendampingi Bupati, Asisten II Sekdakab. Meranti Drs. H. Asroruddin M.Si, Plt. Kadispertanian dan Ketahanan Pangan Drh. Sri Novriani.

Rakor diikuti oleh Camat, Kepala Desa, Ketua Gapoktan dan PPL yang memiliki wilayah persawahan Se-Kabupaten Meranti.

Sekedar informasi, dalam kondisi Pandemi Covid-19 saat ini Kabupaten Meranti perlu memberdayakan seluruh potensi yang ada untuk menjaga ketahanan ekonomi daerah, salah satu fokus Bupati adalah pertanian dan perkebunan yang menjadi sumber pendapatan terbesar masyarakat pedesaan di Meranti.

Dari data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Meranti memiliki area persawahan yang cukup luas yakni 4389 Ha. Dari jumlah itu lahan yang bisa ditanami sebanyak 2900 Ha lebih dan sisannya tidak bisa ditanami karena terendan air laut akibat jebolnya tanggul.

Untuk menuntaskannya perlu dilakukan perbaikan tanggul sepanjang 125 KM yang tersebar diarea persawahan yang ada di Kabupaten Meranti.

Bupati H.M Adil menegaskan tidak ingin masalah ini terus terjadi dan perlu dilakukan penanganan cepat dalam rangka meningkatkan hasil produksi pertanian dan peningkatan ekonomi petani di Kepulauan Meranti. Jika ekonomi Desa kuat, Kecamatan kuat maka akan berdampak pada kuatnya ekonomi Kabupaten.

Menurut Bupati untuk melakukan perbaikan tanggul persawahan ini perlu kerjasama dari pihak Kades dan Kecamatan untuk mendukung operasional 10 unit ekscavator pembuat tanggul. Dimana pihak Desa dan Kecamatan cukup menyediakan bahan bakar dari alat berat.

Untuk tahap awal Ekscavator akan diiperasikan untuk penanganan tanggul yang ada diwilayah area persawahan Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir.

Agar perbaikan tanggul optimal Bupati mengintruksikan selama perbaikan harus didampingi oleh Kades dan Gapoktan setempat.

Dengan tuntasnya perbaikan tanggul Bupati berharap semua area persawahan yang ada di Meranti dapat ditanami dengan begitu dapat meningkatkan produksi pertanian sekaligus ekonomi petani.

Lebih jauh dikatakan Bupati H.M Adil, untuk meningkatkan produksi pertanian tidak cukup hanya dengan perbaikan tanggul dan penggunaan bibit padi yang baik, juga harus diikuti dengan penggunaan pupuk yang baik pula.

Sejauh ini Pemkab. Meranti juga telah melakukan study penggunaan pupuk yang diklaim dapat meningkatkan hasil produksi pertanian berkali lipat. Pupuk ini bernama Ekstragen Organik. Dimana dengan penggunaan pupuk ini dalam 1 Ha lahan persawahan dapat menghasilkan produksi sebanyak 5 Ton.

Pemkab. Meranti berencana akan mensubsidi pemberian pupuk Ekstragen Organik ini kepada seluruh petani padi yang ada di Meranti.(***)





Sumber : jetsiber.com

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments