Pilkades Serentak Tahun Ini Ketua LSM Fortaran MenyaranKan Panitia Pemungutan Suara Harus Rapid Test dan Swab - TARGETRIAU

Minggu, 22 Agustus 2021

Pilkades Serentak Tahun Ini Ketua LSM Fortaran MenyaranKan Panitia Pemungutan Suara Harus Rapid Test dan Swab


MERANTI - Dengan diselenggaranya Pilkades serentak di Meranti bulan Oktober mendatang, Ketua LSM Fortaran Budiman berharap kepada panitia Pilkades agar di rapid Test Swab Antigen dan pasti kan sudah di Vaksin, karena sebagai pelaksana panitia Pilkades ajang pesta masyarakat agar setiap panitia sudah di pastikan dalam keadaan steril demi kenyamanan masyarakat untuk melakukan hak suaranya untuk desanya tersebut.

Budiman selaku ketua LSM Fortaran juga sempat menanyakan kepada  panitia Pilkades, panitia mengatakan mereka tidak ada di sarankan dari Dinas terkait bahwa panitia di Rapid Test dan Swab sampai saat ini, sangat disayangkan bagi panitia kalau tidak di Rapid Test dan Swab atau di Vaksin karena panitia nantinya akan kontak langsung melayani kepada masyarakat.

Budiman juga menanyakan langsung kepada PLT Kabid PMD Putra apakah dari dinas PMD tidak menyarankan,harus di Rapid Test.

PLT Kabid PMD menjelaskan, tidak ada aturannya baik itu perubahan Permendagri 72 Tahun 2020 atas perubahan Permendagri 112 tentang Pilkades agar panitia Pilkades di Rapid Test dan di Swab dan di SOP  juga tidak ada, tapi kita akan usulkan saat rapat PPS Kabupaten". Jelas PLT Kabid PMD.

Ketua LSM menuturkan sangat di sayang kan sekali dari Dinas dan Pemda di kondisi Pandemi Covid-19 ini seharusnya membuat kebijakan dengan adanya dana Covid-19 8% di desa untuk bisa di manfaatkan untuk melakukan menerapkan Prokes terutama pada panitia Pilkades, kapan perlu di Swad agar di pastikan panitianya sudah Steriel.

"Kita sangat mengkhawatirkan seandainya ada panitia PPS gejala Covid dengan waktu di undurnya Pilkades masih ada waktu dapat di isolasi terlebih dahulu dan kita juga berharap persiapan panitia Pilkades juga sudah standby menyediakan peralatan Prokes seperti cek suhu, handsanitizer, menyedia kan masker dan sabun cuci tangan di TPS nantinya.

Pemilihan kades di kondisi pandemi Covid-19 ini perlu perhatian khusus agar tidak menimbulkan masalah, kita dari LSM akan minta Bupati menyarankan dinas PMD agar melaksanakan Rapid Test dan Swab kepada panitia penyelenggara pemilihan Kades serentak tahun ini". Tutur ketua LSM Fortaran.

Saat konfirmasi, Bupati menjelaskan melalui WhatsApp nya, bahwa sudah ada SOP tentang Rapid Test dan Swab untuk Panitia Pilkades.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments