Bupati H. Muhammad Adil, S.H Akan Segera Kukuhkan KTNA Kepulauan Meranti, Siap Dukung Program Strategis - TARGETRIAU

Sabtu, 15 Januari 2022

Bupati H. Muhammad Adil, S.H Akan Segera Kukuhkan KTNA Kepulauan Meranti, Siap Dukung Program Strategis


MERANTI - Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Kepulauan Meranti dalam waktu dekat akan segera dikukuhkan. Sebagi wadah yang menjadi mitra pemerintah dalam membangun potensi pertanian, mereka siap mendukung program strategis bupati sesuai perannya.

Ketua terpilih KTNA Kepulauan Meranti, Asnawi Nazar, mengatakan telah membentuk kepengurusan setelah melakukan musyawarah beberapa waktu lalu. Kini pihaknya sedang menunggu persetujuan bupati untuk segera dikukuhkan.

"Untuk itu kita minta waktu untuk bisa dikukuhkan. Sehingga bisa secepatnya mendukung program strategis bupati dalam ketahanan pangan," ujarnya didampingi sejumlah pengurus KTNA Meranti lainnya saat bertemu Bupati Adil di Desa Tanjung, Sabtu (15/1/2022).

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti, Ifwandi yang turut mendampingi menambahkan kepengurusan KTNA tersebut sudah mengakomodir seluruh kelompok tani, nelayan dan peternak yang berada di sembilan kecamatan di Kepulauan Meranti.

"Mereka ini akan menjadi wadah komunikasi dan aspirasi untuk menyampaikan permasalahan maupun keinginan ke pemerintah daerah lewat dinas terkait. Mereka akan membantu dinas dalam melaksanakan program kepala daerah di sektor terkait," jelas Ifwandi.


Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil telah mengagendakan untuk mengukuhkan atau melantik kepengurusan KTNA tersebut pekan ini. Namun sebelumnya dia meminta komitmen dari wadah itu untuk menjadi ujung tombak pelaksanaan program pemerintah kabupaten.

"Saya mengharapkan program-program yang akan dilaksanakan itu terarah dan fokus," ujarnya.

Dia juga meminta para petani padi untuk yang akan menggarap sawah di Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir untuk menyiapkan hasil panen yang akan diarahkan untuk penerima program bantuan pemerintah di Kepulauan Meranti.

"Makanya jumlah kebutuhannya akan besar, saya minta difokuskan kesitu untuk para petani. Nanti akan kita kirimkan bantuan ke sana, apa yang dibutuhkan. Seperti embung irigasi, akan kita bangun," kata Adil.

Untuk menuju swasembada daging dan telor ayam, Bupati meminta kepada KTNA Meranti untuk menyiapkan nama-nama peternak andal yang siap melaksanakan program tersebut. 

"Tahun ini kita mengalokasikan anggaran 19 miliar untuk pertanian dan peternakan di Meranti. Ayo manfaatkan, jika berjalan baik maka akan mampu meningkatkan perekonomian para petani dan peternak di Meranti," sebut orang nomor satu Kepulauan Meranti itu. (Prokopim)

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments