Bupati H. Muhammad Adil, S.H Bersama Wabup AKBP (Purn) H. Asmar Buka Secara Resmi Launhcing Vaksinasi Booster Bagi Forkopimda dan ASN di Lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti - TARGETRIAU

Kamis, 27 Januari 2022

Bupati H. Muhammad Adil, S.H Bersama Wabup AKBP (Purn) H. Asmar Buka Secara Resmi Launhcing Vaksinasi Booster Bagi Forkopimda dan ASN di Lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H bersama Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar buka secara resmi launhcing Vaksinasi Booster bagi Forkompimda dan ASN di Kabupaten Kepulauan Meranti, bertempat di Aula Gedung Hijau, Kamis (27/01/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Meranti AKBP Andi Yul, Ketua MUI H Mustafa, Danramil 02 Suratno, Kejaksaan Meranti Waluyo, Danposal Selatpanjang Jery Hendra, Dandim Bengkalis, Pejabat dilingkungan Pemkab Meranti.

Acara dimulai dengan pengarahan Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H mengatakan bahwa, Pandemi COVID-19 di Indonesia masih belum berakhir hingga saat ini mengingat munculnya banyak varian baru dari virus COVID-19 itu sendiri. Salah satu upaya pemerintah dalam mencegah virus tersebut adalah dengan penyebaran memberikan Vaksinasi COVID-19 secara gratis.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, sampai tanggal 25 Januari 2022, sebanyak 127.350 jiwa (79,4%) dari sasaran penduduk meranti sudah mendapatkan vaksinasi dosis , dosis ke-2 sebanyak 80.792 jiwa (50,4%), dan dosis ke-3 sebanyak 1.027 jiwa (0,6%). Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakitnya juga menerbitkan surat edaran Nomor HK 02.02/11/252/2022 tentang Vaksinasi COVID-1 Dosis Lanjutan (Booster) bagi masyarakat dan lansia.


Target vaksinasi booster di Kabupaten Kepulauan Meranti yaitu 159.473 jiwa, terdiri dari petugas publik, masyarakat rentan, masyarakat umum, remaja, dan terutama lansia. Vaksinasi booster adalah vaksinasi COVID-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.

Hasil studi menunjukkan telah terjadi penurunan antibodi pada enam bulan setelah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis primer lengkap, sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan. Pemberian vaksinasi booster ini juga telah disarankan Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun.

Vaksinasi booster diselenggarakan pemerintah dengan sasaran masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan penderita imunokompromais. Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada seluruh undangan yang hadir dan elemen masyarakat untuk dapat menyukseskan vaksinasi Booster sebagai upaya kita dalam pencegahan penyebaran virus covid 19 varian apapun. Untuk itu marilah kita saling bekerja sama dan berganding tangan demi terwujudnya Meranti Bebas COVID-19.

"Saya minta kepada dinas kesehatan agar melakukan Vaksinasi di tempat yang ramai, dan hari ini ada 33 sekolah yang akan di Vaksinasi Booster", kata H. Muhammad Adil, S.H.

Kemudian vaksinasi Booster perdana dilakukan langsung oleh Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H dan Forkopimda dan ASN.

Bagikan berita ini

Disqus comments