Bupati H. Muhammad Adil, S.H Lakukan Persemian Diklat Basic Safety Training Kapal Layar Motor - TARGETRIAU

Senin, 14 Februari 2022

Bupati H. Muhammad Adil, S.H Lakukan Persemian Diklat Basic Safety Training Kapal Layar Motor


MERANTI - Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H Lakukan Persemian Diklat (BST) Kapal Layar Motor (KLM) dan SKK 60 Mil Tahun 2022 di Lapangan Afifa Futsal.(14/2/2022)

Pak ketua menyampaikan Mohon maaf sebesar-besarnya tidak bisa hadir ke kabupaten kepulauan Meranti pembukaan Diklat pemberdayaan masyarakat atau Pembukaan Basic Safety Training kabupaten kepulauan Meranti pada tahun 2022, mengucapkan berterimakasih kepada panitia dan peserta atas terlaksananya kegiatan atau saya mengucapkan berterimakasih kepada jajaran pemerintah kabupaten kepulauan Meranti untuk berkesempatan hadir.

Selanjutnya dalam diklat Bupati Meranti H Muhammad Adil SH mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menyambut baik dan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pelaksanaan kegiatan Diklat Basic Safety (BST) ini karena pelaksanaan diklat pemberdayaan masyarakat ini sangat penting untuk di laksanakan, mengingat Meranti merupakan wilayah kepulauan yang masyarakatnya bekerja dan menggantungkan hidupnya di laut.


saya mengucapkan terimakasih dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan berharap dengan adanya pelatihan ini menjadi soluSi atas masalah yang dihadapi para pelaut yang ada di Meranti. Dan Alhamdulillah kegiatan Diklat ini dapat kita laksanakan lagi di tahun 2022 ini dan saya berharap kegiatan ini akan berlanjut di tahun-tahun mendatang Hadirin yang saya banggakan Kegiatan Diklat Basic Safety (BST) ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan peserta, terlebih dalam bidang Basic Safety Training (BST), yaitu pelatihan dasar-dasar keselamatan untuk antisipasi akan adanya hal bahaya diatas kapal, untuk mewujudkan tenaga kerja professional dibidang pelayaran.

Konvensi Internasional tentang standart of training, certification dan watchkeeping (STCW), mensyaratkan bahwa setiap pelaut harus menjalani program pengenalan dan pelatihan dasar keselamatan yang meliputi pengetahuan dasar menghadapi kebakaran, pertolongan pertama tingkat dasar, teknik mempertahankan hidup dan keselamatan pribadi serta tanggung jawab sosial Pelatihan ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa pelaut menyadari dan memahami akan bahaya bekerja di laut (kapal) dan dapat merespon dengan tepat dalam keadaan darurat. Dan setelah pelatihan ini selesai nantinya peserta akan dibekali Surat Keterangan Kecakapan (SKK) sebagai bekal para peserta dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang pelaut.


Dalam rangka upaya menciptakan SDM yang berkualitas di bidang transportasi laut sebagaimana yang di amanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2012 tentang SDM di Bidang Transportasi, Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training (BST) ini merupakan upaya yang sangat tepat serta sangat di butuhkan oleh masyarakat maritim di Kabupaten Kepulauan masyarakat Meranti.

Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH secara resmi lakukan pembukaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training (BST) Kapal Layar Motor (KLM) dan SKK 60 Mil Tahun 2022.



Penulis : Nurhadi

Bagikan berita ini

Disqus comments