Bupati H. Muhammad Adil, S.H Lantik Kepala Sekolah se-Kabupaten Kepulauan Meranti - TARGETRIAU

Selasa, 15 Februari 2022

Bupati H. Muhammad Adil, S.H Lantik Kepala Sekolah se-Kabupaten Kepulauan Meranti


MERANTI - Meski hujan deras, pelantikan Kepala Sekolah se-Kabupaten Kepulauan Meranti oleh Bupati H. Muhammad Adil, S.H tetap dilaksanakan, sebanyak 205 Kepala Sekolah Tingkat SMP, SD dan TK dilantik, bertempat dihalaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Selasa (15/02/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut, Wabup AKBP (Purn) H. Asmar, Sekda H. Bambang Suprianto, Plt. Kadis Kesehatan M. Fahri, Sekwan Hambali, Kasat Pol-PP Tunjiono, Inspektorat Drs Suhendri, Plt. Perhubungan Piksot Ginting, Kabag Hukum Sudandri, Plt. Diskucapil, Sekretaris BKD Bhakarudin dan Seluruh Kepala Sekolah se-Kabupaten Kepulauan Meranti yang akan dilantik.

Selanjutnya bagian kepegawaian daerah membacakan nama-nama Kepala Sekolah yang akan di lantik serta jabatan baru atau lebih singkatnya penempatan sesuai dengan bidang masing-masing.

Berikutnya, Bupati H. Muhammad Adil, S.H sebelum melakukan pengarahan, langsung melakukan pengambilan sumpah kepada Kepala Sekolah se-kabupaten Kepulauan Meranti yang dilantik.


"Atas nama Pemkab Kepulauan Meranti, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan Ibu sekalian yang sudah dilantik sebagai kepala sekolah, mudah mudahan amanat yang diberikan kepada saudara dapat membawa perubahan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dilingkungan sekolah menuju Kabupaten Kepulauan Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat". Tutur Bupati H. Muhammad Adil, S.H.

Pendidikan merupakan urusan wajib pelayanan, hal ini tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2021-2026. Dalam misi kedua yaitu : meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia beriman dan bertakwa yang memiliki daya saing dalam rangka mengimplementasikan misi tersebut, terdapat beberapa program strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan salah satunya melalui pemerataan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia dibidang pendidikan.


Pada tahun 2021, nilai Indeks pembangunan manusia Kabupaten Kepulauan Meranti adalah 65,70 Persen, dengan usia harapan lama sekolah 12,83 tahun dan rata-rata lama sekolah 7,84 tahun. Pencapaian indikator di sektor pendidikan ini masih rendah dan jauh tertinggal dari Kabupaten/Kota lain di Provinsi Riau.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kebudayaan melalui Dinas Pendidikan melakukan pemetaan dan penataan penempatan tenaga pendidik dan kependidikan dalam rangka pemerataan sumber daya manusia pendidikan, Hal ini sesual amanah undang-undang yang dituangkai dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Nomor 32 Tahun 2018 Tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan. 

Selain itu, dengan terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan
Teknologi Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2021 Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolan, terdapat perubahan kebijakan yang menjadi dasar untuk pendistribusian tenaga pendidik dan kependidikan di Kabupaten Kepulauan Meranti sesuai ketentuan yang berlaku. 


dengan rincian kepala sekolah TK sebanyak 10 orang, SD 156 dan SMP 39 orang. Saudara-Saudara sekalian diharapkan dapat membawa perubahan dan menciptakan inovasi-inovasi baru didunia pendidikan serta menjadikan inovasi sebagai kultur atau budaya baru di sekolah masing-masing.

Inovasi, selain diperlukan untuk meningkatkan daya saing daerah pada dasarnya juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari semangat Reformasi Birokrasi. Reformasi birokrasi dicanangkan untuk memperbaiki permasalahan di sektor publik salah satunya di bidang pendidikan melalui pembaruan di 8 area sasaran yaitu organisasi, tata laksana, peraturan perundang-undangan, SDM aparatur, pengawasan, akuntabilitas, pelayanan publik, mindset serta cutural set aparatur.

Tugas dan tantangan kedepan semakin tidak mudah dengan adanya peraturan yang mewajibkan setiap sekolah menjadi sekolah penggerak. Saya berharap Kabupaten Kepulauan Meranti akan muncul guru-guru penggerak dan sekolah penggerak yang akan meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di sekolah dan akan mempercepat mutu pendidikan di daerah.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya sampaikan kepada para Kepala Sekolah yang baru saja di lantik agar senantiasa bersemangat, bekerja keras dan menjunjung tinggi komitmen serta berusaha meningkatkan kedisiplinan, profesionalitas, loyalitas dan integritasnya.



Penulis : Nurhadi

Bagikan berita ini

Disqus comments