Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kecamatan Pulau Merbau Ke-XI Tahun 2022 H/1443 M - TARGETRIAU

Selasa, 22 Februari 2022

Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kecamatan Pulau Merbau Ke-XI Tahun 2022 H/1443 M


MERANTI - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Buka Secara Resmi Acara MTQ Tingkat Kecamatan Pulau Merbau  Ke-XI Tahun 2022 H/1443 M Bertema Mari kita amalkan Al - Qur'an sebagai asyi' yang berfungsi sebagai petunjuk buat umat di Halaman Kantor Desa Rekan Dungun Senin 21/02/2022.

Turut hadir dalam acara tersebut PLT Kadis Pendidikan Rosita, PLT Kadis Sosial Kadafi, Camat Merbau Ibrahim Atan, Kabag Hukum Sudandri, Asisten I Irmansyah, Sekwan Hambali, Kapolsek Tebingtinggi Barat Simamora, Kadispora HJ Fitria Ningsih, Kemenag Drs H Sulman, PLT Kadis Ketahanan Pangan Ifwandi, Ketua LPTQ Agus Safri Spdi, Ketua NU Ramlan, Kabag Kesra Hasan, PLT Kadis BPBD Riski Hidayat, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Kepala Desa Renak Dungun, PLT Desepnda Mubarak, PLT Desprindag Marwan, PLT Kepala Dinas Pemdes Jhon, Direktur Rumah Sakit. PLT Kadis Capil, Kesbangpol, Dinkes Meranti M Fahri, PLT Kadis PU Mardiansyah, PLT Kadis DLHK Ratna Juwita Sari, Anggota DPRD Darsini.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qori Kabupaten Zulfan   mengunakan Al-Qur'an dan dilanjutkan dengan pembacaan Do'a bersama dan juga Mennyayikan  lagu Mars LPTK Kecamatan Pulau Merbau sebelum sambutan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH, MM.

MTQ Ke XIII Sekecamatan Pulau Merbau selaku tuan rumah Desa Renak Dungun, 11 Desa Sekecamatan Pulau Merbau, Cabang yang ditandingkan Tilawah Murotal, Tilawah Anak - Anak, Tilawah Quran Tingkat dewas,  Tilawah Quran Tingkat Remaja, Tilawah Qiroat Mujawat Hibsil 1 Juz Hibsil 5 Juz. 


Sambutan Camat Pulau Merbau Atan Brahim M, Pd, Selamat kepada Bapak Bupati sudah menyelesaikan gelar S2nya dan berterimakasih kepada Pak Bupati yang sudah bersedia hadir, melalui tema ini kami berharap biasa. 

Menjadi pedoman untuk generasi , mari kita belajar mendalami Al - Qur'an ini yang sudah menjadi program pak Bupati Magrib Mengaji Pak instruktur sudah rencanakan juga, pembaguna untuk tambang udang Aspirasi Akan di Bagun di kantor camat pulau Merbau di berikan ke C amat dari Para Anggota Dewan Kabupaten Kepulauan Meranti Dapil 4  , ungkapnya Atan Brahim M, Pd.

Mari kita mendalami Al-Qur'an menjadi amalan kehidupan kita sehari-hari sesuai dengan program Bupati magrib ngaji bersama, dan insyaallah terkait jalan akan dibangun disaat masa jabatan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM pada tahun ini, untuk menciptakan peningkatan Ekonomi dan pembangunan tanggul udang sebagai budidaya untuk masyarakat semoga bisa terealisasi", akhirnya Atan Ibrahim.

Sebelum melanjutkan sambutanya Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM menghimbaukan kembali kepada masyarakat yang hadir agar dapat mensosialisasikan terkait kuliah gratis jadi jangan sampai tidak tahu hal tersebut bertujuan untuk menekan angka kemiskinan.

Selanjutnya Pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti menjamin kesehatan masyarakat tidak perlu lagi jual barang atau kebun untuk berobat cukup saja dengan KTP saja maka gratis, perlu saya tegaskan agar kepala desa mendata mana warga yang tidak punya KTP/Administrasi dirumah kitapun sudah melakukan MOU disetiap Kabupaten Kota yang ada di Riau.

Selanjutnya Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM mengatakan bahwa, saya sangat mengapresiasi pelaksanaan sangat meriah, Penyelenggaradi MTQ yang telah MTQ tingkat Kecamatan yang dilaksanakan dengan membudaya di bertujuan untuk tengah masyarakat kita tidak hanya mendapatkan juara atau prestasi tetapi yang lebih utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan A-Qur an, harus menjadikan AL-Qur'an sebagai nafas kita, sebagai cerminan kepribadian kita dalam menjalani sebagai pegangan hidup kita yang hakiki natas serta kita, kehidupan sehari-hari.


Sekarang ini masih banyak orang-orang yang mencela, mudah mengejek, mudah mengumpat, mudah merendahkan orang lain, mudah mengejek, mudah menjelek-jelekkan orang lain, Sopan santun diabaikan. Ungkapan-ungkapan pedas, ujaran kebencian yang asal bunyi bertebaran luar biasa, khususnya di media sosial.

Oleh karena itu saya berharap agar hakikat, makna dan tujuan MTQ yang kita laksanakan pada malam ini kita pegang teguh sehingga A-Qur an benar-benar kita resapi, benar-benar kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika kita mengagungkan Al-Qur'an, maka sebenarnya kita sedang engagungkan nilai-nilai pembelaan kepada yang lemah, mengutamakan kemanusiaan, nilai-nilai mengutamakan yang pembelaan kepada yang fakir, mengutamakan pembelaan kepada yang miskin, bukan nilai-nilai keserakahan mengumpulkan harta menghitung-hitungnya.

Penyelenggaraan MTQ Juga kita harapkan dapat mempererat tali silaturrahim diantara kita dan sehingga semangat persaudaraan dan kepedulian sesama akan terhadap sesama dapat terwujud sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW Apalagi di masa pendemi seperti sekarang ini.

Kita harus ikhlas saling membantu tanpa harus melihat perbedaan suku, agama, maupun kelompok, berbagi untuk meringankan beban saudara-saudara yang sedang menghadapi kesulitan. Dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran ini akan tampil Qori-Qoriah, Hafiz-hafizah terbaik dari berbagai Kecamatan Pulau Merbau. 

Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, yang kompetitif dan yang Desa yang berasal dari berkarakter islami sebagaimana akhlak Rasulullah. tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba.


membaca Al-Quran tetapi MTQ ini merupakan suatu untuk mengedukasi ummat untuk ikhtiar kita semakin mencintai dan membumikan AL-Quran meningkatkan kesadaran beragama dan yang sangat penting.

Sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum musimin dan muslimah. Saya yakin, dengan pemahaman keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah tapi juga akan memperkokoh seperti yang lebih semangat ukhuwah diajarkan oleh Rasulullah, baik ukhuwah islamiah, ukuwah wathaniah maupun ukhuwan insaniah.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya sampaikan selamat dan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Pulau Merbau atas antusias nya dalam menyambut penyelenggaraan MTQ tingkat Kecamatan Pulau Merbau Tahun 2022. 

Selamat mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran kepada semua peserta, semoga keikutsertaan dalam upaya kita mengaktualisasikan ajaran islam saudara-saudara memberi manfaat dan maslahat secara damai ditanah air", ungkapnya H Muhammad Adil SH MM

"Bagi Qori dan Qori'ah yang akan berlomba untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki, karena para Juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTO tingkat Kecamatan Pulau Merbau ini, selanjutnya akar dikirim untuk mewakili pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten", katanya H Muhammad Adil SH MM

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kami mengucapkan terimaksih kepada dewan juri yang sudah diberi kepercayaan untuk menjadi tim penilai perlombaan ini, Seraya memohon ridho Allah SWT, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Musabaqah Tilawatil Qur'an Ting kat Kecamatan Pulau Merbau Tahun 2022, dengan resmi saya nyatakan dibuka", ujarnya H Muhammad Adil SH MM

"Kemudian saya ingatkan bijaklah dalam mengunakan media sosial jangan keburukan dimana tempat kita tinggal kita umbar jadi orang tidak mau kesini, postinglah baik-baik agar orang banyak datang sehingga ekonomi warga meningkat, kemudian ayo yang belum vaksin mari ikuti prosedur jangan takut, pemerintah tidak akan melukai rakyatnya melainkan melindungi dari wabah penyakit Covid-19 jadi anak-anak, bapak/ibu wajib vaksin", tegasnya H Muhammad Adil SH MM.

Acara diakhiri dengan pemukulan gong oleh Bupati Meranti H Muhammad Adil SH MM tanda resminya acara MTQ Kecamatan Pulau Merbau dan diringi dengan pemukulan Kompang.



Penulis : Nurhadi

Bagikan berita ini

Disqus comments