Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat Ke-XIII Tahun 1443 H/2022 - TARGET RIAU

Senin, 14 Februari 2022

Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H Buka Secara Resmi MTQ Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat Ke-XIII Tahun 1443 H/2022


MERANTI - Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H Buka Secara Resmi Acara MTQ Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat Ke-XIII Tahun 1443 H/2022 M Bertema Dengan Pemahaman dan Pengamalan nilai-nilai Al-Qur'an Menjadikan Masyarakat Maju Cerdas dan Bermartabat Dalam Bingkai Keimanan dan Ketaqwaan di Halaman Masjid Al-Hidayah.(14/02/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Kemenag H Sulman, Kapolres Meranti di Wakili, PLT Dinkes M Fahri, Camat Tebing Tinggi Barat Saprizal, Sekda Meranti Bambang Suprianto, Ketua LAMR Riau, PLT Kadis Penanaman modal, PLT Kadis Capil, Kepala Desa Se-Tebing Tinggi Barat, Angota DPRD, Ketua MUI Kabupaten, Kasat Pol-PP Tunjiono.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Qori Tuna Netra Agus Nanda Tampa mengunakan Al-Qur'an dan dilanjutkan dengan pembacaan Do'a bersama sebelum sambutan Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H.

Kepala desa mekong Lisa Kumala Sari menyampaikan laporan MTQ Ke XIII Sekecamatan Tebing Tinggi selaku tuan rumah 14 desa Tilawah Murotal, Tilawah Anak - Anak, Tilawah Quran Tingkat dewas,  Tilawah Quran Tingkat Remaja, Tilawah Qiroat Mujawat Hibsil 1 Juz Hibsil 5 Juz ujaran katanya Lisa Kumala Sari.


Dilanjutkan Pengukuhan Dewan Hakim atau Majelis Hakim MTQ Ke XIII Sekecamatan Tebing Tinggi Barat, Sekaligus kata Sambutan Dari Camat Tebing Tinggi Barat, Syafrizal Ahmadi, Spd, Msi, Sebelum Kata sambutan Camat mengukuhkan Dewan Hakim Sekecamatan Tebing Tinggi Barat, dan Majelis Hakim.

SYafrizal Ahmadi, Spd, Msi, saya menyampaikan terimakasih setingginya kepada Pemerintah Kecamatan Tebing Tinggi barat sudah melaksanakan kegiatan MTQ Ke XIII,  berharap  MTQ Ke XIII berlangsung deng lancar sukses dan aman.

Pada kesempatan itu sebelum melakukan pengarahan Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H menginformasikan terkait program 7 strategis Bupati/Wakil Bupati kepada masyarakat yang hadir, salah satunya tentang pendidikan kuliah gratis jadi tahun anak-anak meranti akan dikuliahkan di Pulau Jawa di mana tempat fakultas ternama di Indonesia.

Setelah itu program kesehatan tentang berobat gratis masyarakat cukup bawa KTP saja tidak perlu bayar alias gratis dan Pemkab sudah melakukan MOU di beberapa Rumah Sakit di Riau, jadi masyarakat meranti yang diluar jika sakit cukup gunakan KTP saja nantik untuk informasi bisa ditanyakan pada pihak terkait.

Kemudian masyarakat wajib sudah punya data seperti KTP KK dan Akte kelahiran beserta surat nikah yang dimana Pemkab Meranti sudah melakukan pelayanan dengan baik siap dalam satu hari tampa di pungut biaya.


Selanjutnya pengarahan Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H mengatakan bahwa, MTQ ke-13 tingkat Kecamatan yang dilaksanakan dengan sangat meriah, Penyelenggaraan MTQ yang telah membudaya di tengah masyarakat kita tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan juara atau prestasi, tetapi yang lebih utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al-Qur'an, kita harus menjadikan Al-Qur'an sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki serta sebagai cerminan kepribadian kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Sekarang ini masih banyak orang-orang yang mudah mencela, mudah mengumpat, mudah merendahkan orang lain, mudah mengejek, mudah menjelek-jelekkan orang lain, Sopan santun diabaikan. Ungkapan-ungkapan pedas ujaran kebencian yang asal bunyi bertebaran luar biasa, khususnya di media sosial.

Oleh karena itu saya berharap agar hakikat, makna dan tujuan MTQ yang kita laksanakan pada malam ini Kita pegang teguh sehingga Al-Quran benar-benar kita resapi, benar-benar kita hayati, benar-benar kita amalkan dalam kehidupan sehari hari.

MTQ ke-13 tingkat Kecamatan yang dilaksanakan dengan sangat meriah, Penyelenggaraan MTQ yang telah membudaya di tengah masyarakat kita tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan juara atau prestasi, tetapi yang lebih utama adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al-Qur'an, kita harus menjadikan Al-Qur'an sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki serta sebagai cerminan kepribadian kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.


Dalam penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an ini akan tampil Qori-Qori ah, Hafiz-hafizah terbaik dari berbagai Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya ummat yang unggul, yang kompetitif dan yang berkarakter islami sebagaimana akhlak Desa yang berasal dari Rasulullah.

Dengan demikian penyelenggaran MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca AL-Quran tetapi MTQ ini merupakan suatu ikhtiar kita untuk mengedukasi ummat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Quran, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, dan yang sangat penting, Sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan muslimah. Kaum muslimin dan dengan pemahaman akhlak .

"Saya yakin, keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati dirn seorang muslim dan muslimah tapi juga akan memperkokoh semangat ukhuwah seperti diajarkan oleh Rasulullah, baik ukhuwah islamiah, ukuwah wathaniah maupun ukhuwan insaniah", ujarnya H. Muhammad Adil, S.H.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya sampaikan selamat dan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Tebing Tinggi Barat atas antusias nya dalam menyambut penyelenggaraan MTQ ke-13 tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat lahun 2022", katanya H. Muhammad Adil, S.H.


Selamat mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran kepada semua peserta, semoga keikutsertaan saudara-saudara memberi manfaat dan maslahat dalam upaya kita mengaktualisasikan ajaran islam secara damai ditanah air. 

Bagi Qori' dan Qori'ah yang akan berlomba untuk dapat mencurahkan semua kemampuan yang dimiliki, karena para juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Tebing Tinggi Barat ini, selanjutnya akan dikirim untuk mewaki pada pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten.

"Terakhir, atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti kami mengucapkan terimaksih kepada dewan juri yang sudah diberi kepercayaan untuk menjadi tim penilai perlombaan ini, Seraya memohon ridho Allah SWT, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim", akhirnya H. Muhammad Adil, S.H.

"Terakhir saya sampaikan kepada masyarakat yang belum sama sekali vaksin silahkan lakukan vaksin, jangan takut saya selaku pemerintah daerah sayang kepada masyarakat jangan sampai terkena Covid-19, jadi anak-anak ibu jangan takut vaksin ayo sama-sama kita lindungi keluarga kita, kalau terjadi apa-apa negara yang bertangung jawab, negara inikan punya hukum jadi jangan takut", tegasnya H. Muhammad Adil, S.H.

Acara diakhiri dengan pemukulan beduk oleh Bupati Meranti H. Muhammad Adil, S.H bentuk secara resmi acara MTQ Tingkat Kecamatan Tebingtinggi Barat Ke-XIII telah dibuka



Penulis : Nurhadi

Bagikan berita ini

Disqus comments