Ketua DPD KNPI Meranti Minta Kepada Dinas Terkait Untuk Optimalkan DAK Yang Bersumber Dari APBN Tahun Anggaran 2022 - TARGETRIAU

Minggu, 13 Februari 2022

Ketua DPD KNPI Meranti Minta Kepada Dinas Terkait Untuk Optimalkan DAK Yang Bersumber Dari APBN Tahun Anggaran 2022


MERANTI - Ketua DPD KNPI Meranti minta kepada Dinas terkait untuk mengoptimalkan Alokasi Dana Khusus yang bersumber dari APBN pada Tahun anggaran 2022. Dari informasi yang didapatkan, jumlah DAK yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat mengalami penurunan dari tahun ke tahun, hal ini tentu berdampak pada lambatnya proses pembangunan daerah.

Dikatakan Rudi Tanjung bahwa Dana Alokasi Khusus setiap tahun mengalami penurunan untuk Kabupaten Meranti, seperti di Dinas Pendidikan tahun 2022 hanya menerima 35 M, sementara tahun 2021 menerima 39 M, dan tahun 2020 menerima 54 M. 

"Dari penelusuran kita dibawah, masih banyak sekolah dari mulai PAUD, SD, SMP yang kemudian perlu diperhatikan agar proses menuju meranti cerdas bisa terwujud dengan baik. Begitu juga untuk Dinas PU, sebagai mana kita ketahui bersama bahwa ada pembangunan jalan, air bersih, sanitasi, termasuk juga perumahan dan pemukiman. 

Saya anggap ini semua menjadi urgen bagi kita semua untuk mengentaskan sebahagian masyarakat meranti dari kemiskinan. Begitu juga dibidang kesehatan, dari pihak Pemuda kita minta agar alokasi dana untuk penguatan sistem kesehatan, farmasi, termasuk juga keluarga berencana dapat dioptimlkan dengan baik,"jelas Rudi.

Disisi lain, kita meminta juga kepada Dinas terkait untuk fokus dalam penginputan data untuk menjemput DAK untuk tahun anggaran 2023 agar proses pembangunan seperti sarana pendidikan, jalan, perumahan & pemukiman, kesehatan, betul-betul mencapai target seperti yang diharapkan, ujarnya. 

Kabupaten Meranti merupakan Kabupaten termuda di Provinsi Riau, dengan jumlah Indeks Pembangunan Manusia yang juga cukup rendah bila mana dibandingkan Kabupaten lain, jadi sudah barang tentu kita butuh kerja cepat untuk mengejar ketertinggalan dari kabupaten lain yang ada di Provinsi Riau. 

"Sebagai generasi muda kita tidak menginginkan generasi yang akan datang menjadi mental pengasong karena keterbelakangan pendidikan, terbelenggu oleh kemiskinan, tentu dibutuhkan kehadiran dan keberpihakan Negara dalam hal ini Pemerintah kepada rakyatnya, karena Pemerintah merupakan pemutus mutlak kembarnya kemiskinan dan kebodohan," Tutup Ketua DPD KNPI Meranti yang juga merupakan Kader PDI Perjuangan Meranti.(***)



Sumber : kabaran.id

Bagikan berita ini

Disqus comments