LAMR Minta Presiden RI Pertimbangkan Kembali Posisi Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas - TARGET RIAU

Kamis, 24 Februari 2022

LAMR Minta Presiden RI Pertimbangkan Kembali Posisi Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang juga Datuk Seri Setia Amanah Negara Masyarakat Adat Melayu Riau diminta LAMR untuk mengevaluasi dan mempertimbangkan kembali posisi Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama. Kamis Sore (24/02/2022). 

Dikarenakan, Pak Menteri Yaqut dinilai telah melukai hati umat Islam khususnya masyarakat Melayu Riau atas sikapnya yang menganalogikan azan dengan gonggongan anjing.

Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau (MKA LAMR) Datuk Seri H.R. Marjohan Yusuf, kepada awak media menyampaikan beberapa poin hasil rapat. 

Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) sangat menyayangkan pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tentang suara azan yang dianalogikannya dengan gonggongan anjing. 

Hal ini diucapkannya justeru ketika berada di Pekanbaru, Riau, atau Melayu yang adatnya bersendikan syarak dan syarak bersendikan kitabullah, sedangkan azan adalah ucapan suci umat muslim. 

Secara bahasa, analogi yang disebut pada butir satu di atas, menyinggung perasaan masyarakat Melayu Riau karena objek suci dan mulia dalam Islam yakni azan dianalogikan dengan suara hewan yang tidak pantas diucapkannya.

Berkaitan dengan kenyataan pada dua butir di atas, LAMR meminta Presiden Republik Indonesia yang juga adalah Datuk Seri Setia Amanah Negara Masyarakat Adat Melayu

Riau, mengevaluasi dan mempertimbangkan kembali posisi Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama.

LAMR mendorong sekaligus mendukung pihak-pihak yang telah mengambil langkah hukum terhadap Yaqut Cholil Qoumas.



Sumber : tingkap.info

Bagikan berita ini

Disqus comments