Personil Polsek Rangsang Bersama MPA Lakukan Patroli dan Cek Alat Pemadam Karhutla - TARGET RIAU

Selasa, 31 Mei 2022

Personil Polsek Rangsang Bersama MPA Lakukan Patroli dan Cek Alat Pemadam Karhutla


MERANTI - Bhabinkamtibmas Desa Kayu Ara Kecamatan Rangsang, Brigadir Khairi, bersama masyarakat peduli api (MPA) setempat, pada Selasa (31/5/2022) pagi, melakukan kegiatan patroli dan pengecekan peralatan siaga pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Adapun lokasi yang menjadi sasaran patroli oleh tim kali ini, yakni seputaran Dusun Harapan dan Dusun Pelita, Desa Kayu Ara.

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, melalui Kapolsek Rangsang Iptu AGD Simamora SH MH mengatakan, patroli dan pengecekan alat siaga pemadaman Karhutla ini rutin dilakukan, terlebih oleh Bhabinkamtibmas di masing-masing tempat.

"Patroli dan pengecekan alat siaga pemadam karhutla ini secara rutin kita lakukan. Ini sebagai upaya dan langkah dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Sebut Iptu AGD Simamora, bahwa dalam patroli Karhutla bersama MPA tersebut, tim tidak menemukan adanya hotspot atau titi api. Namun demikian, personil dan MPA tetap memberikan himbauan kepada masyarakat tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar atau memerun.

"Sembari patroli, personil kita bersama MPA tetap memberikan imbauan kepada masyarakat untuk waspada Karhutla dan tidak melakukan aktivitas membuka lahan dengan cara membakar. Mengingat, karena saat ini sedang musim panas," sebutnya

Pihaknya juga berharap kerjasama dari masyarakat apabila menemukan titik api di lokasi lahan milik pribadi atau milik orang lain, agar segera melaporkan kepada Bhabinkamtibmas, Polsek  Rangsang, TNI maupun instansi terkait.

"Bila warga menemukan adanya titik api atau kebakaran, segera lapor kepada kami ataupun pihak terkait lainnya. Kemudian, masyarakat setempat juga kita minta untuk melakukan pemadaman secara bersama-sama," imbau Iptu AGD Simamora.

Untuk diketahui, peralatan pemadam Karhutla yang disiagakan di wilayah itu berupa mesin pompa air sebanyak 3 unit, selang atau pipa air berjumlah 30 roll/gulung, 5 unit tong racun, 3 unit Nozel 3 dan selang atau pipa air jenis tarik sebanyak 3 gulung besar.

Bagikan berita ini

Disqus comments