Silaturrahmi Perdana Dengan Ninik Mamak, Payung Panji Adat Kampar Langsung Diserahkan ke Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM - TARGETRIAU

Kamis, 26 Mei 2022

Silaturrahmi Perdana Dengan Ninik Mamak, Payung Panji Adat Kampar Langsung Diserahkan ke Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM


Bangkinang Kota - Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM terus bergerak cepat dalam membangun kampar, kali ini Kamsol melakukan silaturahmi dengan Ninik Mamak se Kabupaten Kampar sebanyak 416 orang ninik Mamak dari 64 Kenegerian di Kabupaten Kampar, pada kesempatan tersebut menjadi moment penting dengan diserahkan tongkat payung panji adat kepadanya, karena Masa jabatan Bupati Kampar H Catur Sugeng Susanto,SH,MH periode 2017-2022 telah berahkir, dengan demikian jabatan adat sebagai Panyung Panji Adat Kabupaten Kampar secara resmi diserahkan ke Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol,MM. 

Penyerahan Payung Panji Adat kepada Pj Bupati Kampar Dr Kamsol yang diserahkan Ketua Lembaga Adat Kampar Drs Yusri,M Si bersama 64 Kenegerian tersebut bersempena pisah sambut sekaligus hahalbihalal seluruh Ninik Mamak Kabupaten Kampar di Balai Adat Bangkkinang Kota, Rabu (25/5/2022). 

Pisah sambut sekaligus hahalbihalal dengan Datuok Rajo batuah tersebut langsung dihadiri Pj Bupati Kampar Dr H Kamsol, Ketua DPR Kampar, Forkopimda Kampar, para Kepala OPD, serta seluruh para Ninik Mamak Kabupaten Kampar. 

Dikatakan Pj Bupati Kampar Dr Kamsol pada, bahwa saya hadir di Kampar atas perintah untuk bekerja melanjutkan pembangunan Kabupaten Kampar selama dua tahun kedepan. 

Untuk mewujudkan hal tersebut Kamsol menyampikan pentingnya pembangunan yang bersandar pada Falsafah adat yang erat di pegang mansyarak Tali bapilin tigo, tigo tungku sajoghangan, ini lah elemen yang sangat penting untuk membangun kampar yang lebih maju. 


Dalam istilah adat, datang nampak muka pergi nampak punggung atau saya datang dengan ucapan Assalamualaikum dan pak Catur pergi dengan mengucapakn Walaikumsalam kepada seluruh masyarakat Kampar termasuk kepala para ninik mamak yang hadir saat ini. 

Lebih lanjut Kamsol juga menyampaikan, bahwa dalam bekerja kedepannya saya akan berupaya untuk melanjutkan kebijakan yang telah dilaksanakan Catur. Dengan istilah tali bapilin tigo, tigo tungku sajoangan. Kami Pemerintah bersama para Ulama, Adat atau Ninik mamak akan komit dalam memajukan Kampar. 

Sementara itu Catur Sugeng Susanto juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh elemen termasuk para ninik mamak. Dimana sebelumnya LAK Kampar sendiri telah memberikan gelar datuk adat dan menjadikan saya anak kemanakan di adat Kampar. 

Ucapan terimakasih juga disampaikan Catur karena dalam sistem kerja dalam pemeritahan, para ninik mamak selama ini juga telah mendukung saya dalam memimpin Kampar serta meraih berbagai prestasi dan penghargaan. Sementara itu apabila ada hal atau kekurangan yang belum terlaksanana mohon di maafkan. 

Hal senada juga disampaikan Sekda Kampar Drs Yusri, M.Si yang juga merupakan ketua LAK Kampar menyampaikan agar datang tamoak muka dan pergi tampak punggung. Maka LAK kampar melaksanakan pisah sambut dengan Bupati Kampar periode 2017-2022, ucapan selamat jalan dan terimakasih kepada Catur Sugeng dan selamat datang kepada Pj Bupati Kampar Kamsol. 

Terkait Payung Panji Adat yang telah diserahkan kepada Pj Bupati Kampar, maka gelar datuk untuk Pj Bupati Kampar dalam waktu dekat akan ditentukan dan diberikan sesuai dengan kesepakatan LAK Kampar nantinya.(Diskominfo/Mzk/editor Rio)

Bagikan berita ini

Disqus comments