WISATA EDUKASI DAUR ULANG KREATIF, DALANG PEDULI & BERBAGI - TARGETRIAU

Senin, 02 Mei 2022

WISATA EDUKASI DAUR ULANG KREATIF, DALANG PEDULI & BERBAGI


Banyak orang biasa pada akhir pekan melakukan jalan - jalan & berwisata ke tempat - tempat yang indah, yang menantang, yang banyak permainan, ke pantai, ke gunung atau jalan - jalan wisata Kuliner mencari makanan dan minuman yang enak - enak atau unik Banten, 01 Mei 2022. 

Lain halnya dengan Keluarga DALANG, mereka mengajak Seluruh Keluarga dan Temannya untuk berwisata ke panti jompo ungkap Ninik & Anggoro. 

Baru Kali ini ada teman mengajak berwisata ke panti jompo, ya hanya Komunitas Keluarga DALANG saja ujar Anggoro. Saya sangat Kenal Keluarga Dalang dan sangat senang menjadi teman dari Komunitas Keluarga DALANG.

Komunitas Keluarga DALANG itu Kumpulan Keluarga yang senang mendaur ulang sampah jadi produk. DALANG itu singkatan dari daur ulang. Nach saat ini kok kami dari perwakilan Keluarga Yayasan GENDIS untuk berwisata bersama Keluarga DALANG ke panti jompo Graha Lansia Marfati Yang berada di Neglasari,  Kota Tangerang - Banten bukan untuk melakukan daur ulang. 

Awalnya Saya Bingung dan Bertanya - tanya Bener tuh Kita diajak wisata ke panti jompo ungkap Anggoro kepada Ninik. Dan terbukti benar adanya Kita diajak berwisata ke panti Jompo. Satu lagi Tambah Anggoro kepada awak media kami, saat ini menjelang Lebaran ya besok Itu lebaran oleh, orang - orang pada sibuk nach ini Keluarga DALANG malah ngajak wisata ke panti jompo - Graha Lansia Marfati. 

Nanti kamu wawancarai ya Ketua Keluarga Dalang saat kita sampai di Panti Jompo ujar Pembina Yayasan GENDIS (Generasi Dermawan Insan Sejahtera) kepada perwakilan awak media kami. 

Tiba di Panti Jompo - Graha Lansia Marfati Ninik dan Anggoro memperkenalkan Ketua dari Komunitas Keluarga DALANG (Daur Ulang) yang di Ketuai Oleh Suryandi Tionardy dan Kepala Pengurus Panti Jompo Graha Lansia Marfati Suster Teresa. 

Dan Suster Teresa langsung mengajakan kita berkeliling Panti Jompo Graha Lansia Marfati sambil memperlihatkan beragam kegiatan para lansia yang tinggal di Graha Lansia Marfati. Suster Terasa menerangkan bahwa ada 60 orang lansia  yang tinggal di Graha Lansia Marfati. Rata - rata umur lansia yang tinggal disini diatas umur 60 tahun. 

Kami para pengurus Panti bertanggung jawab atas kesehatan para lansia serta juga memberikan kegiatan - kegiatan positif yang produktif dan menyenang kepada para lansia seperti . 

Tiap lansia berbeda - beda karakter, kesehatan, kebutuhan dan kesenangannya, kami fokus memperhatikan semuanya. Ada lansia yang masih punya keluarga dan menitipkannya ke panti Graha Lansia Marfati dan ada pula yang sudah tidak punya keluarga. 

Semua pembiayaan panti Graha Lansia Marfita kami peroleh dari para keluarga yang menitipkan orang tuanya dan para donatur seperti saat ini kami kedatangan komunitas Keluarga Dalang yang Berkunjung dan Memberikan banyak donasi berupa sayuran, buahan dan makanan serta lainnya. 

Ungkap Suster Teresa. Kami para pengurus Panti Graha Lansia Marfati dan para Lansia yang ditinggal di sini merasa sangat senang dengan kepedulian Komunitas Keluarga Dalang yang mau menyempatkan diri untuk berbagi kepada para Lansia dan kami para pengurus Panti. 

Akhirnya perjalan keliling Panti selesai. Anggoro dan Ninik pun mengajak awak media untuk bertemu dan ngobrol bareng dengan Ketua Komunitas Keluarga Dalang. 

Nama Suryandi Tionardy sudah sangat dikenal dikalangan komunitas dan masyarakat daur ulang, pemulung dan pengusaha circular plastik begitu informasi yang awak media dapat dari Anggoro dan Ninik. Ternyata Benar Adanya. 

Suryandi Tionardy dan semua Anggota Komunitas Keluarga Dalang selesai berkeliling langsung membaur dan memberikan edukasi daur ulang kepada para lansia dan pengurus panti. Tampak Suryandi Tionardy sangat berpengalaman dan sangat antusias memberikan informasi tentang daur ulang sampah jadi produk. 

Iya Saya mengajak semua Anggota Komunitas Keluarga Dalang dan Teman yang sempat dan punya waktu luang untuk berwisata edukasi kreatif ke panti Graha Lansia Marfati sambil memberikan edukasi daur ulang sampah untuk jadi produk ujar Suryandi Tionardy. 

Kenapa saya bilang ke Komunitas Keluarga Dalang ini sebagai wisata edukasi kreatif. Saya ingin semua yang hadir bisa menikmati suasana dan keindahan panti yang hijau, rindang, bersih, rapi dan merasakan keramahan para Lansia yang ada di sini. 

Selain itu Saya juga ingin mengajak komunitas keluarga dalang untuk berwisata melihat masa depan bahwa semua orang pasti akan lanjut usia dan tua. Saat ini kita keluarga Dalang masih muda dan kuat nanti dimasa depan akan lanjut usia dan tua. 

Yuk kita kenali diri kita bahwa kita akan tua seperti para lansia di panti Graha Lansia Marfati, so kita harus peduli dengan mereka para lansia yang sama dengan para orang tua kita yang butuh kepedulian kita, perhatian kita dan kasih sayang kita. 

Itulah wisata yang saya maksud ujar Suryandi Tionardy. Dan saya rutin berkunjung wisata ke panti Graha Lansia Marfati minimal 1 kali tiap bulannya dengan mengajak anggota komunitas keluarga dalang dan teman - teman kami tambah Suryandi Tionardy. 

Acara Selasai ditutup oleh suster Teresa dengan harapan komunitas keluarga dalang tetap konsisten memberikan perhatiannya kepada para Lansia sahabat Komunitas Keluarga Dalang dan terus memberikan pelatihan dan  berkunjung wisata bersama teman -teman ke panti. Sesi foto dan video ceria bersama para lansia dan para pengurus panti Graha Lansia Marfati menjadi akhir pertemuan. (***)

Bagikan berita ini

Disqus comments