Poktan Petani HORE Banten Tetap Semangat Mengembangkan Budidaya & Wisata Anggur Banten - TARGET RIAU

Minggu, 12 Juni 2022

Poktan Petani HORE Banten Tetap Semangat Mengembangkan Budidaya & Wisata Anggur Banten


Komunitas Petani dan Penghobi Pembudidayaan anggur di Banten sudah hampir berjalan lebih dari 7 tahun. Dengan segala keterbatasannya Komunitas Petani  & Penghobby Anggur secara mandiri mampu mengembangkan kegiatannya secara berkelanjutan Sabtu, 11 Juni 2022. 

Endang Sunardi adalah satu tokoh penggiatan dari komunitas petani & penghobby pembudidayaan tanaman anggur yang saat ini telah berhasil mengembangkan pembudidayaan tanaman anggur menjadi wisata edukasi anggur di komplek perumahan Taman Buah 1 Kuta Bumi, Kabupaten Tangerang - Banten. 

Endang Sunardi tanpa mengenal lelah terus bersinergi berkolaborasi dan berkarya bersama dengan masyarakat komplek perumahan Taman Buah 1 Kita Bumi, bersama Parjo - Ketua RT. 08 dan Agus Triyono - Ketua RW. 14 terus mengedukasi masyarakat setempat hingga terbentuklah kelompok tani (Poktan) HORE dan Kelompok Wanita Tani (KWT). 

Agus Triyono & Parjo sebagai Ketua RW / RT di komplek perumahan Taman Buah 1 Kita Bumi bersama Poktan HORE & KWT nya telah memanfaatkan fasos fasum yang ada menjadi lahan pertanian ekonomi kreatif, ujar Endang Sunardi saat ditemui awak media pada hari Sabtu, 11 Juni 2022

Alhamdulillah hampir lebih dari 40 Keluarga telah menanam Anggur dan membudidayakan anggur di halaman rumahnya dan banyak warga juga yang telah membudidayakan Anggur dengan tambulampot. 

Syukur Alhamdulillah Budidaya Anggur di Taman Buah 1 juga sudah banyak kunjungan perwakilan daerah, polda banten dan masyarakat luar yang berwisata menikmati wisata edukasi anggur di komplek perumahan Taman Buah 1 Kuta Bumi. Selama 2 Tahun pengembangan sinergi kolaborasi masyarakat di komplek perumahan Taman Buah 1 Kuta Bumi, Kabupaten Tangerang - Banten ini berjalan, Ungkap Endang Sunardi. 


Endang Sunardi bersama Ketua RW 14 - Agus Triyono & Ketua RT. 08 - Parjo menyampaikan bahwa antusias warga sangat besar sekali untuk bersama - sama mengembangkan wilayahnya menjadi tempat wisata edukasi pertanian kreatif. 

Bukan hanya anggur yang kami kembangkan kata Agus Triyono, ada pertanian sayur organik dan budidaya peternakan ikan bahkan saat ini kami akan mengembangkan ke perternakan hewan seperti ayam, itik dan kambing. 

Parjo - Ketua RT 08 dan Endang Sunardi  -  Poktan Hore menambahkan bahwa semuanya dibuat dengan sistem yang terintegrasi dan manajemen yang baik, hingga mampu menambah kesejahteraan warga, paling tidak warga bisa menikmati hasil sayur, ikan dan buah anggur untuk dikonsumsi sendiri tanpa membeli. 

Kami sadar kemandirian kami saat juga masih banyak keterbatasan - keterbatasan untuk mengembangkan potensi yang ada ini. Dan harapan kami kedepan ada perhatian khusus dari pemerintah daerah kabupaten Tangerang maupun pemerintah provinsi, bahkan semua pihak seperti dunia usaha dan para pengusaha untuk bisa hadir berpartisipasi mengembangan potensi - potensi yang ada di komplek perumahan Taman Buah 1 Kuta Bumi ini, Selain Sumber Daya Manusia yang sudah ada, Sumber daya Alamnya juga sangat baik untuk kita kembangkan bersama - sama. Semoga Poktan Petani Hore & KWT Taman Buah 1 dapat terus semangat berkarya bersama untuk kita semua dan sukses, ungkapan penutup dari Agus Triyono Ketua RW 14.



Penulis : Nurhadi

Bagikan berita ini

Disqus comments