Bupati Adil dan Efendi Sianipar Panen Raya Cabai di Tanjung Sari - TARGETRIAU

Kamis, 15 September 2022

Bupati Adil dan Efendi Sianipar Panen Raya Cabai di Tanjung Sari


MERANTI - Bupati H. Muhammad Adil, SH, MM bersama Anggota Komisi V DPR RI Ir. Efendi Sianipar menghadiri panen raya cabai rawit Kelompok Tani (Poktan) Berkah Mandiri di Desa Tanjung Sari Kecamatan Tebingtinggi Timur, Rabu (14/9/2022).

Ketua Poktan Berkah Mandiri M. Izwan mengatakan, kelompok yang ia pimpin beranggotakan 13 orang. Menurutnya, terjadi peningkatan penanaman jumlah pohon cabai setiap tahunnya. Tahun 2020 ditanam sebanyak 8 ribu pohon, kemudian tahun 2021 meningkat menjadi 26 ribu pohon, sedangkan untuk tahun 2022 meningkat lagi menjadi 50 ribu pohon cabai.

"Hasil panennya kami suplai sebanyak 1 ton perminggu untuk pasar di Meranti. Semoga ini bisa menyejahterakan masyarakat dan membuka lapangan kerja di desa kami," ucapnya.

Selaku ketua kelompok, Izwan berharap pemerintah bisa membantu meningkatkan fasilitas pengolahan pertanian. "Seperti peralatan, rehab tanggul dan pembangunan pintu air untuk antisipasi banjir sehingga tidak gagal panen," tambah Izwan.

Kepala Desa Tanjung Sari Zulkarnaen menambahkan, Poktan Berkah Mandiri telah berdiri sejak tahun 2020 dengan luas lahan sebesar 6 hektar (ha). Tidak hanya Berkah Mandiri, Desa Tanjung Sari juga memiliki 2 kelompok lain yang juga menanam cabai.

"Jadi total setiap minggunya bisa menghasilkan 1,5 ton cabai dari desa ini," sebutnya.


Kendati demikian, Zulkarnaen sangat berharap pemerintah daerah maupun pemerintah pusat melalui Anggota DPR RI Ir. Efendi Sianipar untuk memberikan bantuan. "Agar keluhan masyarakat kami dibawa dan diperjuangkan ke tingkat pemerintah pusat," harapnya.

Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil mengapresiasi usaha Poktan Berkah Mandiri yang telah berhasil mengembangkan dan memberi kontribusi nyata dalam meningkatkan produksi cabai di Kepulauan Meranti.

"Untuk itu saya berharap, para petani di Meranti terus meningkatkan pengetahuan dan kerja keras guna meningkatkan produksi," ucap Bupati.

Saat ini produksi cabai di Meranti mencapai 320 ton di tahun 2021. Sedangkan kebutuhan kosumsi cabai dalam daerah sebesar 631 ton pertahun. "Jadi kita masih defisit cabai sebanyak 311 ton pertahun atau sekitar 50 persen cabai masih kita datangkan dari luar daerah," terangnya 

Dalam kesempatan itu, Bupati Adil juga menyampaikan terima kasih kepada Efendi Sianipar yang konsekuen membantu dan memperhatikan permasalahan yang dihadapi masyarakat di Kepulauan Meranti.

"Sebenarnya beliau ini (Efendi Sianipar) sudah sejak lama memberikan bantuan ke Meranti. Hanya saja tidak terpublikasikan," tambahnya.


Adil juga mengingatkan kepada para camat dan kepala desa untuk mengawasi dan memanfaatkan bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah ataupun pusat.

“Untuk teknis dan kebutuhan yang lain segera koordinasikan ke dinas terkait, lindungi dan suport masyarakat agar pertumbuhan ekonominya terbantu,” tutup Adil.

Anggota DPR RI Ir. Efendi Sianipar mengaku bangga, Poktan Berkah Mandiri yang merupakan binaan DPC PDI-Perjuangan itu berhasil membuktikan lewat panen raya cabai tersebut. Ia berjanji akan membantu para petani Meranti lewat anggaran dari pemerintah pusat.

“Saya sangat senang dengan pembuktian seperti ini, karena apa yang saya sampaikan ke pusat sudah terbukti di Meranti dan hasilnya bagus," ucapnya.

Anggota Komisi V DPR m tersebut, juga menyampaikan kegemarannya terhadap gaya kepemimpinan Bupati Adil. 

“Saya senang dengan semangat bupati kita ini. Enerjik, terjun ke desa-desa dan yang terpenting memperhatikan wong cilik. Itu cocok dengan partai kita, dan dia sudah di PDI-P,” tegasnya.

Hadir dalam panen tersebut, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti Khalid Ali, dan sejumlah Anggota DPRD Kepulauan Meranti dari Fraksi PDI-P lainnya. Turut serta mendampingi Bupati, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat Tebing Tinggi Timur Nurman, SH, dan sejumlah pejabat serta tamu undangan lainnya.(Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments