Hari Anak Nasional di Kepulauan Meranti, Bupati : Hak Anak itu Bukan Hanya Materi, Tapi Kasih Sayang - TARGETRIAU

Sabtu, 03 September 2022

Hari Anak Nasional di Kepulauan Meranti, Bupati : Hak Anak itu Bukan Hanya Materi, Tapi Kasih Sayang


MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dissos-P3AP2KB) melaksanakan peringatan Hari Anak Nasional, Sabtu (3/9/2022). Kegiatan yang diikuti ratusan anak itu berlangsung meriah di Ruang Terbuka Hijau (RTH) LAMR, Jalan Dorak Selatpanjang.

Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM mengingatkan semua pihak, terutama para orangtua bahwa dalam mendidik anak tidak hanya dengan memberikan materi berupa kebutuhan sehari-hari sang anak. Tapi juga wajib dibarengi pola asuh yang mengedepankan kasih sayang dan meluangkan waktu.

"Mari kita manfaatkan momen Hari Anak Nasional ini untuk mengevaluasi perilaku kita, apakah telah dapat memenuhi hak-hak anak kita. Karena anak membutuhkan kasih sayang, perhatian dan kedekatan yang tidak bisa digantikan oleh uang," jelasnya.


H. M Adil mengapresiasi gugus tugas Kota Layak Anak yang terdiri dari lintas sektor karena berhasil membawa kabupaten termiskin di Riau itu mendapatkan penghargaan KLA tingkat Nindya. 

"Alhamdulillah peringkat Meranti naik pesat dari Pratama ke tingkat Nindya. Keberhasilan ini merupakan hasil kerjasama semua pihak, mulai dari pemerintah daerah, instansi vertikal, Tim Penggerak PKK), dunia usaha dan media massa serta pihak lainnya," kata Bupati.

Meski begitu, dia mengajak untuk tetap waspada dan mengawasi setiap tindakan yang dapat mengancam keselamatan serta hak-hak anak di Kepulauan Meranti.

"Oleh karena itu saya mengimbau seluruh perangkat daerah, TNI/Polri, dunia usaha, keluarga dan orang tua untuk segera melaporkan ketika terjadi kekerasan terhadap anak," tegasnya.

Sebagai orang nomor satu di Kepulauan Meranti, Bupati berpesan kepada seluruh anak-anak untuk menikmati masa bermain, belajar dan bergaul sehingga dapat membentuk kepribadian yang positif sebagai bekal di masa depan.


"Selamat Hari Anak Nasional 2022, Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Menuju generasi muda Meranti maju, cerdas dan bermartabat," ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Sosial-P3AP2KB Kepulauan Meranti, M. Khardafi menjelaskan peringatan tersebut untuk menyosialisasikan kepada masyarakat, orang tua dan berbagai pihak lainnya akan pentingnya perlindungan terhadap hak-hak anak. 

"Lewat peringatan ini semoga anak Meranti dapat merasakan makna Hari Anak Nasional dengan penuh kasih sayang," ujarnya. 

Peringatan itu diikuti peserta sebanyak 266 orang anak yang terdiri dari Forum Anak Kabupaten, Kecamatan, perwakilan siswa/i TK/Paud, SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Turut hadir Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan dan unsur pimpinan Forkopimda Meranti, Sekda Bambang Supriyanto dan para pejabat di lingkungan Pemkab Meranti. Hadir juga Ketua MUI, Ketua Baznas, Ketua TP. PKK Kabupaten, Ketua Bunda PAUD, Ketua Dharma Wanita, Ketua Himpaudi, Ketua Pokja PAUD, pimpinan perusahaan dan perbankan serta tamu undangan lainnya.(Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments