Gubri Syamsuar Hadiri Festival Pelajar Nusantara Tahun 2022 di SMAN 5 Pekanbaru - TARGET RIAU

Rabu, 26 Oktober 2022

Gubri Syamsuar Hadiri Festival Pelajar Nusantara Tahun 2022 di SMAN 5 Pekanbaru


Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri Festival Pelajar Nusantara (FPN) tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Halaman SMAN 5 Pekanbaru, Rabu (26/10/2022).

Sebanyak 560 siswa-siswi SMAN 5 Pekanbaru menampilakan berbagai tarian adat dari berbagai daerah. Hal ini tentunya merupakan rangkaian acara dalam menyambut peringatan hari sumpah pemuda.

Mengawali sambutannya, Gubernur Riau Syamsuar memberikan apresiasi terhadap pihak Sman 5 Pekanbaru, karena telah mempersiapkan penampilan yang berkaitan dengan kebudayaan. 

Menurutnya, kegiatan ini dapat menjadi langkah untuk mendidik wawasan kebangsaan para siswa dan membangkitkan semangat kebudayaan nasional.

“Saya tentunya mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru dalam rangka mendidik wawasan kebangsaan terhadap pelajar karena ini sangat perlu. Festival ini juga membangkitkan semangat kebudayaan nasional,” kata Gubri.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan untuk memperkuat kebudayaan nasional tentunya harus mengenal budaya asli yang ada di daerah. Dengan begitu, Provinsi Riau juga telah memiliki kurikulum tentang pembelajaran muatan lokal budaya melayu Riau. 

Hal itu tentunya bermanfaat sebagai menghidupkan selalu kebudayaan terhadap generasi penerus.

“Untuk itulah saya mengingatkan agar budaya dan adat istiadat itu terus dihidupkan selalu. Karena nantinya anak-anak kita ini memiliki rasa kebangsaan yang begitu kuat, sehingga generasi penerus bangsa ini siap menjadi pemimpin dimasa yang akan datang dan siap bersaing membawa kemajuan bangsa dan ,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 5 Pekanbaru, Elmi Gurita, menerangkan penampilan anak muridnya tersebut merupakan pagelaran yang digelar secara nasional oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Pekanbaru.

Ia menambahkan, berbagai tarian daerah yang ditampilkan seperti tari zapin, saman, rentak bulian, hingga gending sriwijaya berguna untuk mengenalkan generasi penerus terhadap budaya. 

Selain itu, menurutnya dalam kegiatan ini juga sekaligus mengenalkan Sman 5 Pekanbaru sebagai projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka belajar.

“Hari ini kami SMA Negeri 5 Pekanbaru melakukan kegiatan ada bentuk dua pertunjukan. Tadi telah kita saksikan dalam bentuk festival pelajar dan nantinya akan dilanjutkan dengan Projek penguatan profil pelajar Pancasila,” katanya.

Dirinya ungkapkan, program kurikulum P5 itu pihaknya mengambil tema bangunlah jiwa dan raga dengan subtema anti narkoba. Untuk itu, dengan berkolaborasi bersama BNN Provinsi Riau sekolah ini dapat menjadi pilot project untuk kegiatan anti narkoba di Provinsi Riau.

“Kegiatan ini tentunya sengaja kami laksanakan sesuai dengan arahan pak Gubernur Riau, bahwa anak-anak remaja kita ini jangan sampai terkotaminasi atau terjangkit narkoba dalam artian kata generasi kita ini harus bisa menjauhi narkoba,” pungkasnya. (Mediacenter Riau/bib)

Bagikan berita ini

Disqus comments