Secara Virtual, Bupati Adil Serahkan DIPA APBD-P 2022 - TARGETRIAU

Rabu, 26 Oktober 2022

Secara Virtual, Bupati Adil Serahkan DIPA APBD-P 2022


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 secara virtual di Aula Gedung Hijau Kantor Bupati, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan penyerahan DIPA Perubahan APBD 2022 secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati AKBP (Purn) H. Asmar kepada Sekretaris Daerah Bambang Suprianto dan pimpinan OPD di lingkungan Pemda Meranti.

Bupati H. Muhammad Adil mengatakan, dengan telah ditetapkannya Perubahan APBD 2022 dan telah diterbitkannya DIPA Perubahan APBD 2022 maka Pemkab Kepulauan Meranti sudah dapat melaksanakan kegiatan yang mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati.

"Yakni menggerakkan 7 Program Strategis Bupati," ucapnya.



Dalam pelaksanaannya, Bupati meminta para pimpinan perangkat daerah segera mengambil langkah strategis dengan tetap memperhatikan proses dan mekanisme sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seperti melakukan monitoring dan evaluasi (monev) atas pencapaian sasaran kegiatan.

"Program yang dijalankan harus memberi manfaat kepada masyarakat dalam berbagai bentuk. Baik pembangunan secara fisik maupun pelayanan publik," jelas Adil.

Lebih lanjut, Adil mengatakan pengelolaan anggaran harus dilakukan secara efektif dan efisien dengan menghindari inefisiensi anggaran. Dengan cara menyusun dan melaksanakan action plan untuk semua program dan kegiatan yang pembiayaan bersumber dari APBD Perubahan.

"Saya yakin dan percaya bahwa semua yang hadir di sini dipayungi oleh semangat dan niat yang tulus untuk membangun kabupaten. Menuju Meranti maju, cerdas dan bermartabat," harapnya.


Bupati juga menekankan kepada pimpinan perangkat daerah untuk selalu berpedoman pada ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam melaksanakan kegiatan.

"Saya mohon dengan tidak hadirnya saya secara langsung tidak mengurangi semangat para pimpinan OPD," tutup Adil.

Untuk diketahui, sebelum penyerahan DIPA Perubahan, pimpinan OPD juga diminta untuk menandatangani pakta integritas anti korupsi.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Bambang Suprianto juga mengingatkan para pimpinan OPD agar mengoreksi dokumen pelaksanaan anggaran sebelum ditandatangani oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). "Agar tidak terjadi kesalahan nantinya," tegas Bambang.

Hadir dalam penyerahan tersebut, staf ahli bupati, para Asisten Setdakab Meranti, para pimpinan OPD, Camat se-Kabupaten Kepulauan Meranti dan sejumlah pejabat lainnya. (Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments