Inovasi Produk Andalan PT KPI RU II Dumai Berhasil Raih Penghargaan Dharma Karya dari Kementerian ESDM RI - TARGETRIAU

Rabu, 05 Oktober 2022

Inovasi Produk Andalan PT KPI RU II Dumai Berhasil Raih Penghargaan Dharma Karya dari Kementerian ESDM RI


(DUMAI) - Melalui inovasi dan rekayasa pola operasi sehingga tercipta produk berstandar internasional, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit II (RU) Dumai berhasil meraih penghargaan Dharma Karya Muda dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI), pada Selasa (04/10) di Kantor Sekretariat Kementerian ESDM RI.

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Nurhidayanto, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan hasil kreasi dan inovasi Perwira PT KPI RU Dumai yang berpegang pada prinsip Continuous Improvement dan Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Melalui inovasi serta rekayasa pola produksi, Perwira PT KPI RU Dumai berhasil memproduksi New High Quality Gasoil 50 ppm, berupa Pertadex 50 ppm dan High Speed Diesel (HSD) 50 ppm, dengan emisi yang rendah dan telah berstandar internasional Euro 4,” ujar Nurhidayanto.

Penghargaan yang diserahkan bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-77 ini diterima oleh perwakilan gugus CIP PC Prove Ceria yang pada saat presentasi membawakan judul “Mewujudkan Diversifikasi High Quality Gas Oil Product Terkait Fleksibilitas & Keberlanjutan Operasi Kilang Melalui Rekayasa Pola Operasi dan Pengayaan Fungsi Sarfas Pertadex di PT KPI RU II Dumai.”

Gugus CIP PC Prove Ceria sendiri terpilih mewakili PT KPI RU Dumai dalam ajang tersebut. Presentasi program telah dilaksanakan pada 25 hingga 26 Agustus lalu, kemudian dilanjutkan dengan verifikasi lapangan pada 13 September. Berdasar hal tersebut, PC Prove Ceria dinobatkan untuk menerima penghargaan Dharma Karya Muda.

Manager Refinery Planning & Optimization sekaligus fasilitator PC Prove Ceria, Galindra Mardanny, mengungkapkan bahwa inovasi pengembangan produk ini telah diinisiasi sejak tahun 2017 ditandai dengan kajian produksi 50 ppm dan plant trial produksi Gasoil HQ 50 ppm.

“Pengembangan sarfas tanki dan kajian optimasi terus dilakukan semenjak itu, hingga pada tahun 2020 kilang Dumai berhasil memproduksi HSD 50 ppm dan Pertadex 50 ppm di tahun 2021,” jelas Galindra.

Galindra melanjutkan bahwa dampak dari inovasi ini adalah terciptanya produk yang ramah lingkungan karena memiliki emisi yang rendah serta bertaraf internasional. Penjualan produk 50 ppm ini juga telah menghasilkan profitabilitas sebesar US$ 85 juta hingga maret 2022.

Inovasi dari PC Prove Ceria ini telah mendapatkan penghargaan baik nasional maupun internasional, antara lain Annual Pertamina Quality Award (APQA) 2019 dan 2022 kategori Platinum, Continuous Improvement Programs (CIP) 2019 dan 2021 kategori Gold, International Convention on QC Circles (ICQCC) Tokyo 2019 kategori Gold, serta apresiasi khusus dari STT Dumai. Selain itu, inovasi ini juga telah didaftarkan dan tercatat pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual pada 19 April 2022 lalu.

“Kami berharap inovasi ini tidak berhenti sampai disini saja. Ke depannya, kualitas produk bisa lebih meningkat dari 50 ppm (Euro 4) menjadi 10 ppm (Euro 5). Kapasitas produksi juga dapat ditingkatkan, sustain dalam produksi serta penyaluran,” tambah Galindra.

Pjs. General Manager RU II, Khabibullah Khanafie, menyampaikan apresiasinya atas capaian yang berhasil diraih PC Prove Ceria sejauh ini. Dikatakan bahwa inovasi ini secara langsung memiliki dampak yang sangat positif terhadap kinerja operasional dan finansial perusahaan serta sejalan dengan penerapan prinsip ESG di lingkungan PT KPI. 

“Semoga semakin banyak karya inovasi yang tercipta dari tangan Perwira dan Pertiwi Pertamina terutama inovasi yang berdampak besar bagi kemajuan perusahaan maupun mendatangkan manfaat bagi masyarakat, negara dan lingkungan hidup,” tutup Khabibullah Khanafie.

Inovasi produk New High Quality Gasoil 50 ppm ini merupakan kerja kolektif dari berbagai fungsi di PT KPI RU Dumai, terutama RPO sebagai perencana dan pembuat usulan komposisi blending, Engineering & Development yang melaksanakan lab tes dan optimasi unit operasi, Production yang bertugas melaksanakan proses produksi, Maintenance berperan untuk pemeliharaan asset, serta Finance yang mencatat hasil penjualan produk.

PC Prove Ceria sendiri terdiri dari 8 Perwira PT KPI RU Dumai, yaitu Galindra Mardanny sebagai fasilitator, Fritz Mardohar sebagai ketua, serta anggota yang terdiri dari Leonard Paulus Silaban, Antonius Ade Aryo W, Satria Purnama, Muhammad Iqbal Riva’i, Dorgis Cristopel, dan Wendri Eko Nopri.

Bagikan berita ini

Disqus comments