Peringati World Habitat Day, PT KPI RU Dumai Gelar Edukasi Lingkungan Bagi Generasi Muda - TARGETRIAU

Rabu, 12 Oktober 2022

Peringati World Habitat Day, PT KPI RU Dumai Gelar Edukasi Lingkungan Bagi Generasi Muda


(DUMAI) - Dalam rangka peringati World Habitat Day (WHD) atau Hari Habitat Sedunia 2022, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai bersama Patrapala RU II menggelar sejumlah kegiatan edukasi cinta lingkungan kepada generasi muda, pada Minggu (09/10) lalu.

Sekitar lebih 100 pelajar dari berbagai tingkatan mulai SD, SMP, dan SMA IT Bazma Brilliant ikut serta pada kegiatan yang dipusatkan di Patra Seroja Eco Park, Bukit Datuk.

Patra Seroja Eco Park sendiri merupakan hutan konservasi dengan aktifitas flora dan fauna yang masih sangat alami. Diresmikan pada tahun 2018 lalu dan terletak di kawasan Perumahan Pertamina Bukit Datuk Kota Dumai dengan luas 56 Ha.

Area Manager Communication, Relations, & CSR RU II, Nurhidayanto, mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan prinsip Environmental, Social, & Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang diterapkan di PT KPI.

“Kegiatan edukasi cinta lingkungan ini masih sejalan dengan SDGs tujuan 15 yaitu melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan, mengelola hutan secara lestari, menghentikan penggurunan, memulihkan degradasi lahan, serta menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati,” ujarnya.


General Manager PT KPI RU II yang diwakili oleh Manager HSSE, Oky Wibisono, menerangkan kegiatan ini merupakan agenda peduli lingkungan perusahaan dengan melibatkan Patrapala RU II sebagai agen lingkungan.

"Dengan kegiatan edukasi bagi generasi muda ini, kami berharap dapat menambah pengetahuan para pelajar di lingkungan Bukit Datuk, serta menambah kepedulian masyarakat Dumai terhadap lingkungan dan pelestarian alam. Kami berharap kegiatan ini bisa rutin diselenggarakan," ujarnya.

Sejumlah kegiatan yang diikuti para peserta diantaranya sharing tentang pelestarian lingkungan oleh manajemen, HSSE, dan Patrapala RU II sambil melakukan tur dan berkeliling sampai ke pos pantau Patra Seroja Eco Park. Peserta mendapatkan informasi dan edukasi tentang flora dan fauna yang ada, serta juga membahas tentang Rusa Sambar atau Rusa Totol yang ada di lokasi tersebut.

Kemudian para peserta bersama dengan tim manajemen berkesempatan mencicipi berbagai jenis manisan asam paya, yang merupakan buah hasil hutan Patra Seroja Eco Park. Lalu sebelum ditutup, juga diserahkan bibit tanaman kepada kepala sekolah mulai tingkat SD, SMP, dan SMA Bazma.

Yayasan Titian Bazma yang diwakili oleh Warpin, menjelaskan pihaknya berterima kasih atas undangan dari PT KPI RU Dumai dan juga Patrapala RU II. Menurutnya agenda seperti ini sangat bermanfaat bagi para pelajar dalam memahami dan meningkatkan wawasan tentang pelestarian lingkungan yang sehat dan berkelanjutan.

"Kami berterima kasih atas kegiatan dan edukasi yang bermanfaat ini. Para siswa siswi kami senang dan bahagia sudah diberikan kesempatan menikmati keasrian Patra Seroja Eco Park. Kami harap dari kunjungan ini dapat membuat para peserta lebih menghargai dan mencintai lingkungan lebih aktif lagi, terutama di rumah masing-masing demi kelestarian berkelanjutan di masa depan," tutup Warpin.

Bagikan berita ini

Disqus comments