Tingkatkan Kompetensi Aparatur, 63 Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Kabupaten Kepulauan Meranti Studi Lapangan ke BPSDM Provinsi Riau - TARGETRIAU

Jumat, 21 Oktober 2022

Tingkatkan Kompetensi Aparatur, 63 Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Kabupaten Kepulauan Meranti Studi Lapangan ke BPSDM Provinsi Riau


PEKANBARU - Sebanyak 63 Pejabat Eselon III dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti mengikuti Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan IX dan X bertempat di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Riau, Pekanbaru, Jumat (21/10/2022).

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Meranti, Muhlisin S.Kom, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau melalui BPSDM yang sudah menerima, memfasilitasi serta menghadiri acara pembukaan studi lapangan tersebut.

"Atas nama Bupati Kepulauan Meranti, kami sampaikan apresiasi dan terima kasih atas terlaksananya studi lapangan dalam rangka peningkatan kompetensi Pejabat Administrator dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, semoga kerja sama ini akan terus berlanjut di masa yang akan datang", ungkap Muhlisin.

Muhlisin berharap, studi lapangan ini dapat diikuti dengan baik oleh seluruh peserta agar dapat meningkatkan pengetahuan sehingga mampu memberikan inovasi  terbaik dalam rangka membangun meranti yang maju cerdas dan bermartabat.

"Harapan saya kepada seluruh peserta, agar studi lapangan ini diikuti dengan sebaik-baiknya, dengan membawa pengetahuan praktek terbaik (best practice) yg lebih baik, dan mampu memberikan inovasi untuk percepatan pembangunan di kabupaten kepulauan  Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat", harap Muhlisin.


Kepala BPSDM Provinsi Riau, Drs. Asrizal, M.Pd, dalam sambutannya menyebutkan, berdasarkan Peraturan Kepala LAN No. 10 tahun 2018  ada 3 kompetensi yang diharapkan dalam pendidikan dan pelatihan yakni kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultur.

"Kompetensi teknis, Kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultur akan mendorong ASN untuk mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, yaitu melaksanakan kebijakan publik, melaksanakan pelayanan publik, dan ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa", sebut Asrizal.

Studi lapangan ini, lanjut Asrizal, merupakan salah satu materi kurikulum PKA yang bertujuan untuk mendapat pengalaman dan pemahaman baru dalam mengelola tugas pokok dan fungsi ASN dalam menjalankan roda pemerintahan. 

"Lokus dari studi lapangan ini ada 4 yakni UPT Assessment Center BKD Provinsi Riau, Bappedalitbang Provinsi Riau, Bapenda Provinsi Riau dan Dinas kesehatan Provinsi Riau. Untuk itu kami harap kepada peserta, gali lah apa yang dapat menambah pengetahuan, untuk kemudian dapat dibawa ke Meranti, sehingga menjadi suatu inovasi baru dan perubahan yang lebih baik demi kemajuan daerah kita", tambah Asrizal.

Kepala Bidang Pengembangan, Penilaian dan Disiplin Aparatur BKPSDM Kabupaten Kepulauan Meranti, Romy Haris Nanda, SH, menyebutkan, studi lapangan PKA angkatan IX dan X diikuti sebanyak 63 peserta dan dilaksanakan mulai tanggal 20 - 23 Oktober 2022. 

Romi menjelaskan, tujuan studi lapangan ini adalah adopsi, tiru,dan modifikasi (ATM) inovasi dan manajemen kinerja dari masing-masing lokus.


"Studi Lapangan ini bertujuan untuk adopsi, tiru, dan modifikasi inovasi dan manajemen kinerja dari masing-masing lokus yang nantinya di implementasikan pada laporan aksi perubahan masing masing peserta", jelas Romi.

Sementara itu, Agustiono ST, M. Si, selaku Ketua Kelompok Peserta PKA,  menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui BKPSDM atas terlaksananya kegiatan ini.

Agustiono berharap melalui kegiatan ini peserta mampu menghadirkan perubahan-perubahan yang inovatif serta dapat mengimplementasikannya sesuai bidang tugasnya masing-masing untuk kemajuan daerah yang lebih baik kedepannya.

"Terima Kasih kami ucapkan kepada Bapak Bupati H. Muhammad Adil SH, MM, melalui BKPSDM atas kesempatan ini, yang telah berkomitmen untuk meningkatkan SDM aparatur, semoga ilmu yang kami dapat disini bermanfaat, hingga mampu berkinerja lebih baik, menjadi pemimpin yang transformasional, sebagai agen perubahan dalam rangka mencapai visi misi kabupaten kepulauan meranti maju, cerdas dan bermartabat", ungkap Agustiono. 

Turut Hadir Pimpinan Bappedalitbang Provinsi Riau, Pimpinan BKD Provinsi Riau, Pimpinan Bapenda Provinsi Riau, Pimpinan Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Ketua Komite Penjamin Mutu BPSDM Provinsi Riau, Ketua Asosiasi Profesi Widya Iswara Provinsi Riau, dan sejumlah Pejabat Administrator dan Pengawas dilingkungan Provinsi Riau dan Kabupaten Kepulauan Meranti. [Diskominfotik]

Bagikan berita ini

Disqus comments