Bupati Meranti Harap Capaian RB Kedepan Lebih Baik - TARGET RIAU

Rabu, 14 Desember 2022

Bupati Meranti Harap Capaian RB Kedepan Lebih Baik


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM berharap nilai capaian Reformasi Birokrasi (RB) bisa lebih baik lagi di tahun mendatang.

Sebagaimana diketahui, untuk Tahun 2022 ini Kabupaten Kepulauan Meranti mendapatkan predikat CC. Pencapaian ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu C. 

"Namun, masih ditemukan bahwa berbagai program reformasi birokrasi minim value karena para aparatur di pemerintah daerah kurang memahami filosofi program yang bersangkutan," kata Bupati saat membuka Asistensi Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2022 di Aula Kantor Bupati, Senin (12/12/2022).

"Saya harap pimpinan OPD, Assesor PMPRB, dan Tim Pokja RB tetap semangat menyimak, mempelajari dan memahami materi yang disampaikan oleh narasumber nantinya," harapnya.


Dikatakannya lagi, asistensi tersebut sangat penting, agar nantinya dapat terbangun satu persepsi dan keseragaman langkah untuk memantapkan sinkronisasi kebijakan reformasi birokrasi untuk terus melakukan pembenahan-pembenahan di tubuh pemerintahan. 

"Semoga pada evaluasi berikutnya, capaian RB kita dapat meningkat lebih baik lagi, ikuti kegiatan ini dengan serius," ujar Bupati Adil.
 
Berdasarkan Permenpan RB Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024, Kemenpan RB telah menetapkan 8 (delapan) area Perubahan yang tertera dalam Road Map Reformasi Birokrasi. Dalam rangka menyesuaikan dengan dinamika pelaksanaan reformasi birokrasi, Kemenpan RB melakukan klasterisasi/regrouping area berdasarkan sasaran yang ditargetkan.

"Kita harap dalam Road Map baru nanti, tidak akan terjadi tumpang tindih proses dan output dari masing-masing area," ungkapnya.

Asistensi percepatan pelaksanaan RB dan penyusunan SOP tersebut disampaikan langsung oleh narasumber Faiz Hamza Burhani dan Savira Ariani dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) secara virtual.


Kepala Bagian Organisasi Setdakab Kepulauan Meranti Masnawi, M.Ag, mengatakan asistensi yang diadakan selama 2 hari tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan OPD untuk mewujudkan RB. "Tidak hanya sebatas melengkapi namun lebih ditekankan ke implementasi RB," sebutnya.

Sebelumnya, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I Kemenpan RB Akhmad Hasmy, Ak, mengatakan ada tiga tujuan yang diharapkan dari sebuah reformasi birokrasi. Yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel dan pelayanan publik yang prima.

"Wujudnya adalah bagaimana kinerja pemerintah dalam pembangunan menjadi lebih baik," jelasnya.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, para Asisten Setdakab, pimpinan OPD, Kasubag umum dan program di lingkungan Pemkab Meranti, Assesor PMPRB, Tim Pokja RB dan pejabat serta undangan lainnya. (Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments