Ratusan Crosser dari Berbagai Daerah Ikuti Kejuaraan Grasstrack dan Motocross Trofi Dyan Desmanengsih - TARGET RIAU

Minggu, 03 Desember 2023

Ratusan Crosser dari Berbagai Daerah Ikuti Kejuaraan Grasstrack dan Motocross Trofi Dyan Desmanengsih


SELATPANJANG - Ratusan pembalap atau crosser dari berbagai daerah dipastikan hadir mengikuti Kejuaraan Grasstrack dan Motocross memperebutkan Trofi Dyan Desmanengsih.

Kejuaraan yang digelar di Sirkuit Danau Maini, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti itu akan digelar pada 2-3 Desember 2023.

Panitia Grasstrack dan Motocross Trofi Dyan Desmanengsih, Ariyas mengatakan lomba ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat generasi muda di bidang olah raga otomotif, khususnya grasstrack.

Menurutnya, kegiatan ini mendapat sokongan dana dari Calon Legislatif (Caleg) Kepulauan Meranti, Dyan Desmanengsih yang bertarung di Daerah Pemilihan (Dapil) I Kecamatan Tebingtinggi.

"Terima kasih kepada kak Dyan Desmanengsih yang sudah mensupport penuh dan menyumbangkan dana dalam lomba Grasstrack ini demi mendukung kemajuan dan kreativitas pecinta balapan," kata Ariyas.

Tak hanya memacu adrenalin, Ariyas juga menilai ajang balapan ini memberikan kesempatan serta wadah bagi para anak muda untuk mengasah sportivitas dan kreativitasnya.

Dengan dukungan ini pula, Ariyas berharap muncul talenta crosser dari Kepulauan Meranti dalam ajang ini untuk bersaing diajang yang lebih prestisius.

"Semoga dengan ajang ini akan muncul crosser dan pembalap handal dari Kabupaten Kepulauan Meranti untuk bersaing di ajang yang lebih spektakuler hingga ke tingkat nasional," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Ari itu menyebutkan tak kurang dari 150 crosser yang akan bertanding baik lokal maupun nasional, dimana para pembalap itu akan mengikuti 8 kelas yang dipertandingkan selama dua hari berturut-turut.

Adapun tim yang sudah memastikan hadir diantaranya Max dari Tanjung Pinang, Tim Nobi dari Tanjung Batu, Ahmad Zulkifli atau Ahmad Villy sang pembalap andalan Riau, begitu juga pembalap lainnya dari Siak, Bengkalis dan Sumatera Barat.

Adapun kelas yang akan diperlombakan itu diantaranya Sport and Trail Open, Bebek 4 tak 125 CC Modifikasi Open, Campuran Open, Campuran 3 Kabupaten Siak, Meranti dan Bengkalis, Standard 2 dan 4 tak Lokal Meranti, Campuran Lokal Kota selatpanjang, Special Engine 65 CC Open Motor 1x2 exhibition dan Kelas Eksekutif.

Ditambahkan, ajang Grasstrack dan Motorcross ini akan menjadi semakin ramai, lantaran tak hanya para crosser sejati yang hadir melainkan pembalap cilik Top Spesial Special Engine juga akan hadir sebagai bintang tamu.

"Sepanjang pergelaran Grasstrack di Kepulauan Meranti, kali ini paling banyak kelas yang akan dipertandingkan, yakni sebanyak 8 kelas dengan 153 pembalap. Ditambah dengan penampilan pembalap cilik yang sudah bertanding di tingkat Nasional," ujarnya.

Diharapkan kegiatan tersebut dapat menjadi agenda rutin tahunan, sehingga memberikan kesempatan kepada crosser Kepulauan Meranti dalam mengembangkan olahraga yang menguras adrenalin tersebut.

Kegiatan yang menggabungkan olahraga dan pariwisata itu bukan hanya sebagai suguhan yang berkelas, melainkan juga memberikan multi efek player kepada masyarakat yang ingin menjajakan barang dagangannya.

"Selain menjadi wadah para pembalap dan akan melahirkan crosser handal juga menjadi efek yang berkesinambungan bagi warga setempat yang ingin berjualan, begitu juga dengan pengelolaan parkir yang diserahkan sepenuhnya kepada pihak desa. Maka dari itu, semoga saja kegiatan ini terus bisa di laksanakan di tahun-tahun mendatang," pungkasnya.

Sementara itu Dyan Desmanengsih memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang penuh dengan antusiasme peserta dan penonton. Oleh karenanya, dirinya berjanji akan menjadikan ajang Grasstrack dan Motocross itu sebagai ajang perlombaan olahraga tahunan.

"Kegiatan olahraga di Kabupaten Kepulauan Meranti yang menarik minat wisatawan maupun peserta dari seluruh daerah pasti akan saya dukung. Termasuk salah satunya adalah Grasstrack dan Motocross ini," kata Dyan. 

Dikatakan Dyan, dalam hal dunia otomotif hingga menggelar kegiatan Grasstrack dan Motocross ini bukan serta merta karena dirinya menjadi Caleg. Adapun hal yang melatarbelakangi Caleg dari partai berlogo bintang mercy itu adalah karena suaminya yang notabene juga seorang pembalap.

Selain itu, sang suami yang bernama Sahala itu juga akan didapuk sebagai ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kepulauan Meranti. Dyan pun ikut dalam bagian kepengurusannya.

Dyan menegaskan, sebagai kader partai yang akan menyalurkan aspirasi masyarakat, ia merasa sangat peduli termasuk untuk mewadahi hobi dan pengembangan prestasi bagi anak-anak muda di bidang otomotif semacam ini.

"Selama ini olahraga bidang otomotif banyak tidak tersalurkan dengan baik sehingga banyak aksi balapan liar di jalanan. Kedepannya kegiatan seperti ini akan menjadi wadah anak-anak muda menyalurkan hobinya. Partai Demokrat akan senantiasa mendukung kegiatan positif bagi kaum milenial yang penuh kreativitas. Mudah-mudahan saya bisa terpilih menjadi pembawa aspirasi masyarakat lainnya di kursi legislatif," tuturnya. (***)

Bagikan berita ini

Disqus comments