BUM-Desa Sejahtera Jangkang Sumbang PA-Des Tertinggi se-Kabupaten Bengkalis - TARGET RIAU

Kamis, 30 Mei 2024

BUM-Desa Sejahtera Jangkang Sumbang PA-Des Tertinggi se-Kabupaten Bengkalis


BANTAN - Badan Usaha Milik (BUM) Desa Sejahtera Desa Jangkang menyumbang Pendapatan Asli Desa (PA-Des) tahun 2023 sebesar Rp92 juta.

Hal itu disampaikan langsung Direktur BUM-Desa Sejahtera Desa Jangkang Irzan, Rabu, 29 Mei 2024 pada acara Gebyar Hasil Unit Simpan Pinjam Jangkang Mandiri, di halaman Kantor Desa Jangkang.

Direktur BUM-Desa Sejahtera Desa Jangkang Irzan menyampaikan pada tahun 2019 sebesar Rp68 juta rupiah, pada 2020 sebesar Rp70 juta, penyumbang PA-DES tertinggi se-Kabupaten Bengkalis.

Kemudian pada tahun 2021 mengalami penurunan menjadi Rp44 juta,  pada tahun 2022 melakukan evaluasi menjadi Rp82 juta rupiah juga merupakan jumlah terbesar di Kabupaten Bengkalis, kemudian pada tahun 2023 kemarin sejumlah Rp92 juta dan merupakan PA-DES tertinggi se-Kabupaten Bengkalis.

"Alhamdulillah ini merupakan langkah kita bersama dalam melakukan pembinaan kepada pemanfaat Dana Desa (DD) juga terus melakukan evaluasi dengan maksimal, sehingga PA-DES Jangkang tertinggi se-Kabupaten Bengkalis," kata Irzan.

Selanjutnya Irzan juga menjelaskan BUM-DESA Sejahtera memiliki 3 unit usaha yakni, Usaha Simpan Pinjam, kemudian, usaha produksi bidang perdagangan yakni air minum kemasan seribu akar, dan yang ketiga unit penyewaan seperti tenda, kursi dan lainnya.


"Tiga Unit usaha itulah yang menyumbang PA-DES tertinggi di Kabupaten Bengkalis, kedepannya kami akan selalu terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar PA-DES Desa Jangkang terus meningkat," ujar Irzan lagi.

Sementara itu Camat Bantan Rafli Kurniawan memberikan apresiasi dan semangat kepada BUM-Desa Sejahtera Desa Jangkang untuk selalu terus meningkatkan PA-DES Desa Jangkang.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami dari Kecamatan Bantan karena penyumbang PA-DES tertinggi se-Kabupaten Bengkalis. Hal yang harus ditekankan bagaimana upaya kita agar PA-DES setiap tahun semakin meningkat, tentu nya harus saling bersinergi dan berkolaborasi untuk peningkatan Desa kita," kata Rafli.

Rafli mengharapkan dengan tingginya PA-DES tentu kesejahteraan masyarakat Desa Jangkang semakin meningkat.

"Untuk mencapai tahap menjadi penyumbang PA-DES tertinggi ini tidak mudah, tentunya berkat kerja keras teman-teman BUMDes," ujarnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan kepada para pemanfaat lancar membayar setiap bulan seperti emas 3 gram, kipas angin, meja makan, kipas angin, gerobak sorong, keranjang baju, piring, gelas dan berbagai hadiah menarik lainnya.(*/Syopian)

Bagikan berita ini

Disqus comments