Binrohtal Personil Polres Kepulauan Meranti Kaji Kitab Kuning - TARGETRIAU

Jumat, 29 Januari 2021

Binrohtal Personil Polres Kepulauan Meranti Kaji Kitab Kuning


MERANTI - Kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) personil Polres Kepulauan Meranti mengkaji kitab kuning. Bertempat di Masjid Ar-Rahman, Jalan Raya Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kamis (28/1/2021) pagi. 

Kegiatan yang dilaksanakan khusus bagi umat muslim itu mengkaji Kitab Kuning para ulama terdahulu, hal ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa personil serta menghindari sifat tercela pada saat pelaksanaan tugas. 

Hadir sebagai pengisi kajian Ustad Mardio Hasan dari PCNU Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabag Ren Polres Meranti, Kompol Amir Husin didampingi sejumlah perwira dan sebanyak 35 orang personil yang hadir mendengarkan kajian kitab Kuning dalam pelaksanaan Binrohtal tersebut. 

Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari Kabag Ren Polres Kepulauan Meranti, Kompol Amir Husin dilanjutkan dengan pembukaan awal kajian Kitab Kuning oleh Ustad Mardio Hasan 

Ustad Mardio Hasan dalam ceramahnya mengatakan Kitab Kuning merupakan buku yang berisi tentang ajaran agama islam mulai dari fiqih, tasawuf, hadist, tafsir, dan ilmu-ilmu mengenai Al-Quran

"Manfaat dari mempelajari Kitab Kuning yaitu kita mengetahui Hadist-Hadist Nabi berserta penjelasan dari para ulama sehingga kita mengetahui hukum-hukum islam seperti tata cara shalat yang benar, cara bersuci dan bagaimana kita bersikap kepada sesama manusia," ujar Ustad Mardio Hasan. 

Ustad Mardio Hasan juga menjelaskan 7 dasar Kitab Kuning yang diajarkan di pesantren sebelum mengkaji lebih dalam tentang Islam. Kitab-Kitab tersebut antara lain Kitab Al-Jurumiyah, Kitab Amtsilatu Tashrifiyah, Kitab Mustholahul Hadits, Kitab Arba’in Nawawi, Kitab Taqrib, Kitab Aqidatul Awam dan Kitab Ta’limul Muta’alim.


Kemudian, acara yang berlangsung penuh hikmah tersebut ditutup dengan tanya jawab serta doa bersama. 

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK mengatakan bahwa kegiatan Binrohtal ini merupakan kegiatan rutin yang dalam pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19. 

"Diharapkan dengan kegiatan ini bisa membekali personil dalam menjalankan tugas keseharian dari segi keagamaan sehingga dapat membentuk kepribadian Personil Polri yang siap secara rohani dan mental," harapnya. 

Kapolres juga menjelaskan kajian Kitab Kuning yang dilaksanakan pada kegiatan Binrohtal kali ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolri pada saat pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan  di Komisi III DPR RI beberapa hari yang lalu yang akan mewajibkan personil Polri mempelajari Kitab Kuning. 

"Mulai minggu ini dan seterusnya setiap hari Kamis kegiatan Binrohtal personil akan diisi dengan kajian Kitab Kuning, hal ini dilakukan untuk mencegah perkembangan radikalisme dan terorisme sesuai dengan yang diarahkan oleh bapak Kapolri," ungkap Kapolres. 

Ditempat terpisah, Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kepulauan Meranti, Ramlan Abdullah mengapresiasi kegiatan Binrohtal Polres Meranti yang dikhususkan untuk mempelajari Kitab Kuning. 

Ramlan berharap kegiatan ini akan jadi agenda rutin yang nantinya bukan hanya dilaksanakan oleh personil Polres Meranti saja namun personil Polsek jajaran juga melakukan kegiatan yang sama.

"Tentunya hal ini akan terus kita koordinasikan dengan bapak Kapolres Meranti," ungkapnya. (Rilis Humas Polres Meranti).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments