Baru 412 Nakes di Kepulauan Meranti yang Divaksinasi Corona - TARGETRIAU

Minggu, 07 Februari 2021

Baru 412 Nakes di Kepulauan Meranti yang Divaksinasi Corona


SELATPANJANG - Memasuki hari kedua, sudah sebanyak 412 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, telah mengikuti vaksinasi Covid-19.

"Hari ini kita sudah memasuki hari kedua pelaksanaan vaksinasi untuk nakes serentak baik di puskesmas maupun di rumah sakit," kataJuru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Meranti M Fahri, Sabtu (6/2/2021).

Dirincikan, dari 875 nakes yang terdata dan tersebar di 10 Puskesmas, RSUD dan Dinas Kesehatan akan dilakukan vaksinasi Covid-19 secara bertahap. Dan untuk saat ini baru sebanyak 586 sasaran.

"Memasuki hari kedua vaksinasi kita sudah melakukan sasaran terhadap 586 nakes, namun baru 412 saja yang baru dilakukan vaksinasi. Sementara 72 nakes ditunda dan 102 lainnya batal divaksinasi," kata Fahri.

Dikatakan Fahri terhadap nakes yang ditunda dan dibatalkan pemberian vaksinnya disebabkan beberapa hal diantaranya karena hasil screening tenaga kesehatan yang tidak selalu baik.

"Kalau yang tidak bisa atau tertunda nanti kemungkinan diulang kembali. Nanti kalau dari screeningnya lolos, ya bisa lakukan kembali. Ditunda saat itu, mungkin karena kesehatannya sedang tidak baik ataumemiliki penyakit bawaan atau sedang dalam keadaan hamil," kata Fahri.

Ditambahkan, kategori tidak lulus screening awal pravaksinasi, menurut Fahri, rata-rata yang tensi darahnya tinggi. Standarnya tidak boleh lebih dari 140/90.

Dikatakan lagi setiap nakes disuntik vaksin sebanyak dua kali nantinya setelah dua Minggu pemberian dosis pertama.

"Dengan adanya vaksin ini diharapkan bisa memberikan antibodi terhadap Covid-19. Dengan demikian, nakes dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memiliki suatu kekuatan imun," pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya sebanyak 1.920 vial vaksin Covid-19 Coronavac (Coronavac vaccine) tiba di Kota Selatpanjang, Kamis (28/1/2021) lalu.

Sementara itu pencanangan vaksinasi akan digelar pada Senin (8/2/2021) mendatang yang akan dilakukan di Puskesmas Anak Setatah Kecamatan Rangsang Barat.(***)




Sumber : halloriau.com

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments