Mushola Al-Barokah Kantor Bupati Naik Status Menjadi Masjid, Jum'at Esok Gelar Shalat Jum'at Perdana - TARGETRIAU

Selasa, 23 Maret 2021

Mushola Al-Barokah Kantor Bupati Naik Status Menjadi Masjid, Jum'at Esok Gelar Shalat Jum'at Perdana


MERANTI - Mushola Al-Barokah Kantor Bupati Kepulauan Meranti akan naik status menjadi Masjid, jika tidak ada aral melintang Jum'at esok siap digelar shalat Jum'at perdana, demikian hasil pertemuan terkait peningkatan status Mushola Al-Barokah Kantor Bupati Meranti yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati AKBP (Purn) H. Asmar, bertempat di Mushola Al-Barokah, Selasa (23/3/2021).

Turut hadir dalam pertemuan itu, Sekretaris Daerah Kep. Meranti Dr. H. Kamsol, Kepala Kantor Kemenag Meranti H. Agustiar, Plt. Kabag Kesra Meranti Alfian, Ketua MUI Meranti H. Mustafa, Al Ustadz H. Jasmail dan Jajaran Pejabat serta ASN Dilingkungan Pemkab. Meranti.

Seperti dijelaskan Pengurus Masjid Al-Barokah, Alfian yang juga menjabat sebagai Plt. Kabag Kesra Meranti, kenaikan status Mushola Al-Barokah menjadi Masjid ini atas petunjuk dari Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil SH, yang kemudian dikoordinasikan dan dikonsultasikan dengan pihak Kemenag Meranti dan MUI. 


Dari hasil koordinasi dengan kedua institusi itu untuk peningkatan status Masjid khususnya yang berada di komplek perkantoran Pemda tidak memerlukan proses administrasi yang panjang, cukup membuat berita acara yang dihadiri dan disetujui oleh Kemenag dan MUI, dan yang tak kalah penting jumlah Jemaah Masjid minimal berjumlah 1 Imam dan 40 Makmum sesuai dengan yang di isyaratkan oleh Imam Syafi'i, kemudian Azan harus selalu dikumandangkan sebagai tanda masuk waktu shalat 5 waktu.

Untuk syarat tersebut dikatakan Sekdakab. Meranti Dr. H. Kamsol MM, dengan jumlah jemaah Mushola Al-Barokah saat ini sudah lebih dari cukup, karena jumlah ASN muslim dilingkungan Sekretariat Kantor Bupati Meranti yang rutin menjalankan shalat 5 waktu berjumlah ratusan.

Menyikapi peningkatan status Mushola Al-Barokah menjadi Masjid tersebut, Wakil Bupati H. Asmar sangat menyambut baik, hal itu sesuai dengan petunjuk Bupati Meranti H.M Adil yang menginginkan Mushola Al-Barokah berubah status menjadi Masjid agar dapat menggelar shalat Jum'at.


Untuk itu dengan peningkatan status Mushola Al-Barokah menjadi Masjid tersebut, Wabup. H. Asmar mengajak kepada ASN dan masyarakat sekitar dapat bersama-sama memakmurkan masjid dengan turut serta menjalankan shalat 5 waktu secara berjamaah. 

Kedepan di Masjid Al-Barokah ini seperti disampaikan Sekda Kamsol, Pemkab. Meranti akan mengadakan kegiatan rutin dalam upaya meningkatkan ukuah islamiah sesama ASN dan masyarakat sekitar.

"Dengan begitu terlihat kekompakan antara pimpinan dengan pegawai dan masyarakat sekitar," pungkas Wabup. H. Asmar. (Humas Pemkab. Meranti).

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments