Parade Kostum Kreasi, Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H Apresiasi Rangka Tingkatkan Ekonomi Kreatif - TARGETRIAU

Kamis, 30 Desember 2021

Parade Kostum Kreasi, Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H Apresiasi Rangka Tingkatkan Ekonomi Kreatif


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H buka secara resmi Acara Parade Kostum Kreasi Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga di Gedung Afifa Lantai II. Kamis, (30/12/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut PLT Kadispora Hj Fitria Ningsih, PLT Desprindag Marwan, Kapolres Meranti diwakili, Danramil 02 Diwakili, PLT Despenda Barak, PLT Dinsos Kadafi, Camat Tebing Tinggi Ratna Juwita Sari.

Informasi tambahan acara tersebut ada 12 peserta yang ikut dan sudah mengunakan busana yang di design sebagus mungkin dan setiap peserta mempunyai manajemenya masing-masing, dari pantauan kostum tersebut terlihat sangat mewah dan anggun di mata dan membuat para tamu yang hadir terpukau. Sementara "Parade Kostum Kreasi tahun 2021 itu dihadiri 3 juri langsung dari perwakilan Pekanbaru Provinsi Riau.

Tak lupa kata sambutan dari penyelenggara acara yaitu PLT Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hj Fitria Ningsih dalam sambutannya mengatakan bahwa. Kegiatan Parade Kostum Kepulauan Meranti tahun 2021 adalah salah satukegiatan dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kepulauan Meranti yang diselenggarakan sebagai upaya untuk memacu kewirausahaan di kalangan para desainer atau perancang busana di Kepulauan Meranti untuk dapat terus bergerak maju di masa pandemi.

Seperti yang kita ketahui saat ini, pandemi covid-19 yang berkepanjangan ini menjadi tantangan tersendiri bagi kagi kita dan Masyarakat luas. Dampaknya jelas sekali mendatangi semua orang, terutama para pelaku usaha yang merupakan tonggak utama dari sektor Ekonomi dan industri.

Oleh karena itu, Melalui kegiatan ini, Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti ingin mengakselerasi para perancang busana atau desainer-desainer kostum di Kepulauan Meranti yang bergerak di sektor UMKM agar memiliki kekuatan potensial dalam membangun perekonomian nasional di masa mendatang melalui strategi khusus dalam menyikapi bisnis konveksi secara benar.

Kegiatan "Parade Kostum Kreasi tahun 2021" pada dasarnya merupakan Helat yang ditaja oleh Bidang Ekonomi Kreatif melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kepulauan Meranti yang dilaksanakan secara interaktif dan tatap muka dalam rangka memberikan edukasi yang sekaligus Perekat tali Silaturrahmi antar perancang busana atau desainer-desainer kostum di Kepulauan Meranti yang merupakan calon-calon pelaku usaha konveksi untuk berdiri sebagai garda terdepan dalam membangun dan memajukan ekonomi daerah secara umum.

Perlu juga kami sampaikan, bahwasanya kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang kami laksanakan. Sehingga kami berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, maka kami dapat menjadikannya sebagai bahan evaluasi agar kami bisa melaksanakan kegiatan serupa di masa mendatang dengan lebih baik dan bermanfaat. Adapun peserta Kegiatan "Parade Kostum Kepulauan Meranti tahun 2021 ini, dibuka untukdiikuti oleh seluruh peserta yang merupakan desainer atau perancang busanasecara umum.

Harapan besar kami kepada sekalian yang hadir di tempat ini untuk dapat bersama-sama mensukseskan helat ini demi majunya Ekonomi dan berkembangnya Kreativitas paranperancang busana atau desainer-desainer kostum di Kepulauan Meranti untuk mampu bersaing menyikapi krisis pandemi, persaingan pasar bebas, serta kebijakan Masyarakat Ekonomi Asia dan sebagainya di masa mendatang.

Kemudian Bupati KepulauanMeranti H. Muhammad Adil, S.H juga menyampaikan bahwasanya atas nama Pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti, saya menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara Parade Kostum Kreasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Meranti. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata kita dalam meningkatkan ekonomi kreatif bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti.

Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang berkembang dan banyak meningkatkan perekonomian suatu Daerah bahkan Negara secara keseluruhan. Hanya ekonomi kreatif yang mampu bertahan di saat krisis pandemi yang sedang berlangsung seperti hari ini. Hal ini secara langsung menjadi tanda, bahwa era ekonomi kreatif telah bermula.

Saya berharap agar kegiatan Parade Kostum di Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2021 ini menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui kemampuan dan keterampilan paran desainer-desainer dan perancang 9 busana di Kepulauan Meranti.

Parade Kostum Kreasi ini merupakan salah satu upaya kita sebagai Pemerintah Daerah untuk memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada para desainer dan perancang busana di seluruh daerah Kepulauan Meranti mengenai pentngnya ekonomi kreatif dalam pembangunan. Hal ini juga bertujuan memberikan motivasi dan inspirasi bagi generasi muda untuk meyakinkan din bahwa industri kreatif layak menjadi pilihan profesi. 

Sehingga kedepannya diharapkan akan semakin banyak bermunculan perancang-perancang busana kreatif atau desainer-desainer kostum yang berprestasi dan berkualitas yang dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah sehingga apa yang kita harapkan bersama-sama akan terwujud.

Kegiatan Parade Kostum Kreasi yang kita laksanakan pada hari ini dikuti oleh peserta dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Untuk itu saya berharap agar para peserta dapat memberikan hasil kostum kreasi yang menarik dan bernilai seni. selain itu juga saya berharap kegiatan ini mampu memberikan dorongan nyata dan motivasi utuh kepada desainer-desainer muda di Kepulauan Meranti untuk dapat berperan aktif dalam perkembangan ekonomi kreatif nasional. Sehingga kita semua akan terus berdiri tegak menyongsong tujuan bersama menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh, yang kita impikan. Amiin ya rabbal alamin.

Acara diakhiri dengan dibuka secara resmi oleh Bupati dan tak kalah haru para panitia sekaligus honorer juga melakukan salam perpisahan kepada Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H atas permintaan PLT Kadis Pariwisata dengan sesi foto bersama sebagai kenangan.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments