Wabup Meranti H. Asmar Hadiri Penabalan Akbar di Istana Sayap Kesultanan Pelalawan - TARGET RIAU

Kamis, 09 Desember 2021

Wabup Meranti H. Asmar Hadiri Penabalan Akbar di Istana Sayap Kesultanan Pelalawan


MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn,) H. Asmar hadiri Penabalan Akbar di Istana Sayap Kesultanan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Kamis (09/12/2021).

Acara Penabalan Akbar tersebut di mulai  dengan prosesi Togak Tonggol dan Payung Panji yang merupakan upacara adat kawasan Petalangan dan penampilan Tari Zapin Pecah Dua Belas yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) asal Kabupaten Pelalawan. 

Turut hadir Raja dan Sultan beberapa Kerajaan Nusantara terdekat, Anggota DPD RI Utusan Riau, Ketua Umum Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Gubernur Riau Syamsuar, M.Si dan Forkompida Riau Kepala OPD Provinsi Riau terkait Bupati, Walikota se-Riau, Pucuk Pimpinan LAM Riau Provinsi Riau Pucuk Pimpinan LAM Kabupaten Kota dan Kawasan se-Riau, Pucuk Pimpinan Lembaga Adat dan Pemangku Adat se-Kabupaten Pelalawan.


Selain Penabalan Setia Amanah Adat dan Timbalan, pada kesempatan tersebut terlihat juga dilakukan Penabalan Lembaga Perangkat Kesultanan Pelalawan (LPKP) sejumlah 18 orang. LPKP merupakan badan pekerja resmi yang sehari-hari akan membantu manajemen organisasi tugas Sultan Pelalawan sebagai Pucuk Payung Panji Adat yang disusun berdasarkan "Alur-Patut" zaman kerajaan dulu dan kebutuhan masa kini.

Khususnya Penambalan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan sebagai Datuk Setia Amanah Adat dan Timbalan Datuk Setia Amanah.

"Alhamdulillah hari ini saya hadir di acara Penabalan Akbar di Istana Sayap Kesultanan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan, saya bersama Wabup Rohul," ucap wabup H. Asmar.

"Saya ucapakan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Sebagai Datuk Setia Amanah Adat dan timbalan Datuk setia Amanah, mudah-mudah mudahan gelar yang diberikan bisa di pegang amanah amin," Tambah wabup H. Asmar.

Bagikan berita ini

Disqus comments