Bupati H. Muhammad Adil, S.H Buka Secara Resmi Kegiatan Sosialisasi Tata Cara Peroleh Izin Edar Melalui Program Sultan dan Penyerahan Nomor Izin Edar UMKM - TARGETRIAU

Kamis, 03 Februari 2022

Bupati H. Muhammad Adil, S.H Buka Secara Resmi Kegiatan Sosialisasi Tata Cara Peroleh Izin Edar Melalui Program Sultan dan Penyerahan Nomor Izin Edar UMKM


MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H buka secara resmi kegiatan sosialisasi tata cara memperoleh izin edar melalui orogram  Sultan dan  penyerahan nomor izin edar UMKM pangan olahan di Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (03/02/2022).

Turut hadir Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H, Kepala Balai Besar POM di Pekanbaru, Kepala Badan/ Kepala Dinas/ Kepala Kantor, Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Bapak/Ibu pelaku usaha UMKM/ IKM, Rekan-Rekan Wartawan, Hadirin dan Undangan yang Berbahagia.

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah mempunyai arti penting dalam perekonomian nasional yang mampu memperluas lapangan kerja dan berperan dalam pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat. Oleh karena itu harus memperoleh keberpihakan yang lebih memberikan kemudahan, dukungan, perlindungan, dan pemberdayaan. 


Pemerintah memberikan dukungan untuk meningkatkan daya saing UMKM melalui pemberian insentif, kemudahan izin berusaha, sertifikasi, dukungan promosi, kemudahan akses pasar maupun dukungan permodalan.

Pemerintah juga telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang merupakan aturan pelaksana dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Peraturan Pemerintah ini bertujuan agar UMKM dapat naik kelas dengan pendekatan terintegrasi

Saat ini di Kabupaten Kepulauan Meranti ada sekitar 8.696 yang bergerak di berbagai sektor usaha, Pendampingan dan pemberdayaan pelaku UMKM merupakan salah satu cara untuk mendukung ekonomi kreatif agar dapat meningkatkan kemampuan sehingga potensi yang dimiliki bisa berkembang.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti berharap Balai Besar POM di Pekanbaru tetap bersinergi dengan seluruh OPD terkait dalam melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM di Kab. Kep. Meranti sehingga menghasilkan produk yang aman, bermutu dan memiliki daya saing


Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini untuk menjadi perhatian kita bersama. Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi para pelaku usaha UMKM/IKM. Akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirahmanirahiim, pertemuan "Sosialisasi Tata Cara Memperoleh Izin Edar Melalui Program SULTAN dan Penyerahan Nomor Izin Edar BPOM kepada UMKM secara resmi dibuka.

Kepala BBPOM di Pekanbaru Yosef Dwi Irwan menilai UMKM merupakan aset pemerintah yang wajib didukung, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Menurutnya melalui program Sultan, BBPOM akan memberikan pendampingan dengan mempermudah dan mempercepat perizinan.

"Itu merupakan instruksi presiden. Meski begitu, tetap aspek mutu dan keamanan dari produk harus diperhatikan. Kalau tidak, bisa berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat sebagai konsumen," ujarnya.


Selain itu, pihaknya menyediakan program pengujian gratis untuk produk UMKM sesuai dengan kuota yang ada. BBPOM juga melakukan jemput bola untuk membantu pelaku UMKM dalam mengurus perizinan.

"Ini kami sengaja datang langsung ke Meranti untuk menjemput bola, tidak perlu lagi pelaku UMKM yang ke Pekanbaru," ungkap Yosef. 

Sebanyak 20 pelaku UMKM dan 10 satuan kerja terkait ikut dalam sosialisasi tersebut. Dalam kesempatan itu juga diserahkan secara simbolis izin edar kepada CV. Zaroha dan Dapur Pesisir oleh Bupati H. Muhammad Adil, S.H bersama Kepala BBPOM di Pekanbaru Yosef Dwi Irwan.

Burung hinggap di atas ranting Embun menetes di atas batu Registrasi pangan olahan itu penting Agar pangan aman dan bermutu Sekian dan terima kasih.



Penulis : Nurhadi

Bagikan berita ini

Disqus comments