Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Upacara Peringatan HUT Provinsi Riau Ke-65 Tahun - TARGETRIAU

Selasa, 09 Agustus 2022

Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Upacara Peringatan HUT Provinsi Riau Ke-65 Tahun


Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Riau Ke-65 Tahun 2022, Selasa (9/8)  di Halaman Kantor Bupati Meranti.

Upacara yang di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti  AKBP (Purn)  H.Asmar yang  diawali dengan pengucapan Visi dan Misi Provinsi Riau oleh Taufik,  anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, dilanjutkan dengan pembacaan  sambutan gubernur riau yang di bacakan oleh wakil bupati kepulauan meranti.

Dalam sambutanya Guburnur Riau H.Syamsuar, Msi yang dibacakan oleh Wakil Bupati AKBP (Purn) H.Asmar menyampaikan  sejarah panjang yang telah mengantarkan Provinsi Riau sampai pada usia 65 tahun pada hari ini. 

Cikal bakal berdirinya Provinsi Riau tidak terlepas dari sebuah tonggak sejarah dengan diselenggarakannya Kongres Pemuda pada tanggal 17 Oktober 1954. Kongres yang digelar di Pekanbaru ini merupakan sebuah puncak kebulatan tekad seluruh masyarakat Riau untuk menentukan masa depannya.


Kongres ini menghasilkan sebuah kesepakatan dan tekad untuk menjadikan Riau sebagai Provinsi mandiri, berdiri di atas marwah dan kedaulatannya sendiri. Berbekal hasil Kongres inilah, utusan masyarakat Riau datang menghadap Menteri Dalam Negeri, dengan hasrat mulia, guna memberikan sesuatu yang terbaik bagi “Negeri Melayu” dengan menyampaikan kebulatan tekad untuk membentuk Provinsi Riau. 

Akhirnya, pada tanggal 9 agustus 1957 Presiden Republik Indonesia, Bapak Soekarno di Denpasar Bali menandatangani Undang-Undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957, yang kemudian diterbitkan pula Undang-Undang Nomor 61 Tahun 1958. Alhamdulillah pada tahun ini,

Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo pada tanggal 25 Juli 2022, telah menandatangani Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2022 tentang Provinsi Riau, dimana undang-undang tersebut telah disesuaikan dengan perkembangan daerah saat ini.

Hari ini, kita semua dapat menyaksikan Puncak Peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau tahun 2022 ini dengan suasana yang semarak, sembari mengenang kembali jalinan sejarah berdirinya Provinsi Riau sarat dengan nilai-nilai moral dipersembahkan secara tulus oleh Tokoh-tokoh Pemuda, Pejuang maupun masyarakat Riau yang telah berjasa mendirikan Provinsi Riau.

Turut hadir Anggota DPRD Komisi 2,  Kapolres, Kajari, Pengadilan Agama, Selatpanjang Sekretaris Daerah , Danramil, Dan Pos AL, Danpom Pos PM, kemanag, Ketua LAM, Ketua MuI, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD Kabupaten Kepulauan Meranti, Ormas, OKP , dan seluruh peserta apel.

Bagikan berita ini

Disqus comments