Gelar Ngopi Bareng, GM PT KPI RU II Sampaikan Pencapaian yang Akan Jadi Legacy Kilang Pakning di Masa Depan - TARGETRIAU

Jumat, 16 September 2022

Gelar Ngopi Bareng, GM PT KPI RU II Sampaikan Pencapaian yang Akan Jadi Legacy Kilang Pakning di Masa Depan


(DUMAI) - Sebagai wujud apresiasi kepada pekerja atas pencapaian yang telah diraih hingga Semester I tahun 2022 ini, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Sei Pakning gelar Ngopi Bareng, Rabu (14/9).

Kegiatan rutin yang sudah di laksanakan sejak tahun 2019 ini menjadi wadah bagi manajemen untuk mengapresiasi para pekerja atas pencapaian yang sudah diraih,serta memberikan motivasi akan peran besar setiap pekerja atas pencapaian tersebut sebagaimana arti kegiatan tersebut yaitu “Ngobrol Operational Performance Improvement (Ngopi) Bareng”

Kegiatan yang dihadiri setidaknya 113 pekerja tersebut, dibuka dengan pemaparan Pencapaian Kinerja Operational Excellent Tengah Tahun 2022 oleh Manager Production Sei. Pakning, Antoni R. Doloksaribu.

Dalam kesempatan tersebut, Antoni menjabarkan pencapaian kilang Sei Pakning dimana salah satunya adalah tingginya tingkat fleksibilitas kilang dalam menciptakan produk, ditunjukkan dengan kemudahan dalam switching pengolahan produk dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Marine Fuel Oil (MFO).

Bukan hanya itu, tambah Antoni, kilang Pertamina Sei Pakning juga merupakan kilang yang paling rendah biaya pokok produksinya, mencapai 84,38%. Angka ini merupakan yang paling rendah jika dibandingkan dengan RU lainnya. Antoni juga menyinggung masalah occupancy jetty yang tergolong tinggi, mencapai 74,3%.

"Dari segi margin, kilang Sei Pakning berhasil mencatat margin sebesar 12,41% dengan value creation berupa keberhasilan dalam memproduksi produks MFO Low Sulfur sebanyak 3.400 mb dan Low Sulphur Fuel Oil (LSFO) V1250 sebanyak 430 mb,” sebut Antoni.

Dari segi penghargaan, PT KPI RU Sei Pakning telah dianugerahi The Most Improved Social Engagement dalam ajang Refinery Award serta berhasil mempertahankan Proper dengan predikat Emas sebanyak empat kali secara beruntun mulai tahun 2018 hingga 2021 yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Belum lama ini PT KPI RU Sei Pakning juga berhasil meraih penghargaan yaitu 2 Platinum dan 1 Silver pada ajang Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) 2022 serta terlibat aktif diberbagai kegiatan guna mendukung program Pemerintah Kota dalam pelaksanaan TJSL Perusahaan.

“Tentunya apresiasi yang sebesar-besarnya kami berikan atas dukungan tim manajemen PT KPI RU Dumai dan Sei Pakning serta kerja keras yang telah ditunjukkan oleh Perwira Pertiwi sejauh ini. Semoga apa yang kita raih menjadi tambahan semangat untuk bisa bekerja lebih maksimal lagi agar pencapaian ini menjadi legacy yang akan dikenang dimasa yang akan datang,” ujar Antoni

Kegiatan Ngopi Bareng yang dilaksanakan di Aula Wisma RU II Sei Pakning ini ditutup dengan sesi arahan dan inspiring moment yang dibawakan langsung oleh Pjs. GM PT KPI RU II, Khabibullah Khanafie.

“Jangan batasi diri kita dengan hal-hal kecil. Kita bekerja sekarang sudah merupakan kebahagiaan tersendiri karena bisa berkontribusi langsung untuk negara yang kita cintai. Tugas kita adalah meningkatkan value setiap harinya agar hasil yang dicapai menjadi sebuah kenikmatan nantinya,” tutup Khabibullah Khanafie.

Bagikan berita ini

Disqus comments