Kunker ke Meranti, Danrem 031/WB Panen Cabai Rawit dan Mulai Pembangunan Aula Koramil 02/TT - TARGET RIAU

Rabu, 29 Maret 2023

Kunker ke Meranti, Danrem 031/WB Panen Cabai Rawit dan Mulai Pembangunan Aula Koramil 02/TT


MERANTI – Komandan Resor Militer (Danrem) 031 Wira Bima, Brigjen. TNI. Parlindungan Hutagalung lakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, yang merupakan wilayah jajaran Kodim 0303 Bengkalis, Rabu (29/3).

Tiba di Pelabuhan Domestik Tanjung Samak, Danrem disambut hangat oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar, Kapolres AKBP Andi Yul, unsur Forkopimda, Danramil 02 Tebing Tinggi (TT) Kapten. Arh. Isnanu, Danramil 06 Merbau Kapten Arh Efri Nasution beserta para anggota lainnya.

Dalam kunjungannya, Danrem tampak didampingi Kasiter Kolonel. Inf. Hipni Maulana, Kasipers Kolonel. Inf. Asep Supriatna. Tiba di Meranti, rombongan tersebut segera menuju hamparan kebun cabai hasil karya nyata Babinsa Koramil 02/Tebing Tinggi, Sertu Amri. Dalam upaya menetralisir inflasi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, Sertu Amri berinisiatif sewa lahan tidur bersemak belukar yang telah sekian lama tak produktif.


Hasilnya, lahan tidur tersebut diusahakan Amri hingga kini berubah menjadi hamparan kebun cabai rawit nan produktif melimpah. Tak tanggung, hasil panen kebun tersebut telah mencapai 4 Kwintal atau sekira 400 kilogram. Hasil panen yang ada diupayakan Amri dan jajaran atas instruksi Dandim 0303 Bengkalis guna mencegah kelangkaan komoditi cabai di pasaran.

Dengan tersedianya stok cabai rawit, maka inflasi atau lonjakan harga bisa diatasi dengan optimal hingga mendongkrak daya beli masyarakat. Belum lagi, sepanjang mengelola dan mengusahakan kebun cabai tersebut, para prajurit Kodim 0303 Bengkalis itu turut memberdayakan masyarakat setempat mulai dari membersihkan semak, menyiapkan lahan tanam, proses penyemaian dan penanaman bibit, perawatan, hingga memasuki masa panen.

Seluruh warga yang terlibat, turut mendapat manfaat. Selain sisi ekonomis upah yang diterima, masyarakat juga memiliki pengetahuan baru tentang bagaimana teknik bertanam cabai hingga menghasilkan panen melimpah seperti yang digeluti Sertu Amri dan jajaran.

Hal inilah yang menarik hati Danrem hingga akhirnya meringankan langkah kunjungan kerjanya, di tengah kemelut tugas yang cukup menyita waktu. “Alhamdulillah, akhirnya saya berkesempatan berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Meranti. Secara khusus, saya sangat senang karena anggota saya di wilayah Koramil 02 Tebing Tinggi jajaran Kodim 0303 Bengkalis berhasil kelola lahan tidur menjadi kebun cabai yang sangat produktif dan bermanfaat luas bagi masyarakat. Karya nyata dan kinerja prajurit kita ini layak diapresiasi dan patut dicontoh oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan meredam inflasi di masyarakat secara umum,” kata Brigjen. TNI. Parlindungan Hutagalung, Danrem 031 Wira Bima.


Selain mengapresiasi, Danrem turut serta memetik buah cabai rawit yang telah masuk masa panen. Raut wajah sumringah bertopi rajutan bambu penangkis sengat mentari, Danrem satu ini sangat terpukau dengan hasil kerja anggotanya. Terlebih saat menunjukkan karung-karung besar berisikan hasil panen cabai rawit, kegembiraan Danrem seolah tak mampu diungkap lewat kata-kata. “Saya, dan kita semua sangat bangga. Cabainya panen melimpah. Sepintas nampak sepele, namun hasilnya bermanfaat, bernilai ekonomis dan sangat menjanjikan sekali. Semoga bermanfaat dan bisa membantu masyarakat dalam menumbuhkan bahkan menggerakkan roda ekonomi lewat bercocok tanam,” ungkap Jenderal TNI bintang satu ini.

Usai panen cabai, seluruhnya beranjak menuju lokasi pembangunan Aula Koramil 02/TT. Disana, Danrem tampak memulai proses pembangunan fasilitas kemiliteran berupa gedung serba guna di bawah kewilayahan Kodim 0303 Bengkalis yang ditandai dengan peletakan batu pertama beriring adukan semen yang dicacah merata pada rangka baja nan memperkokoh bakal calon fasilitas terbaru itu.

“Dengan mengucap syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam, kita mulai pembangunan Aula Koramil 02 Tebing Tinggi ini yang kita tandai dengan peletakan batu pertama pada hari ini. Pembangunan gedung ini tak lepas dari dukungan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, oleh karena itu atas nama pribadi dan institusi, saya ucapkan terima kasih yang sangat mendalam,” hatur Danrem sembari meletak batu pertama.


Setelahnya, Danrem dan jajaran serahkan tali asih kepada anak Yatim, pemberian apresiasi dan bingkisan kepada prajurit atau Babinsa berprestasi serta memberi pengarahan kepada seluruh jajaran sempena lawatan kerja ke Kepulauan Meranti. “Jangan lelah berbuat kebaikan, jangan lelah mengayomi masyarakat. Ingat, kita berasal dari masyarakat, maka ayomilah masyarakat dan jadilah solusi atas kesulitan yang dialami masyarakat. Jadilah prajurit tangguh yang tak kenal lelah,” seru Danrem beriring semangat kelada seluruh anggota yang hadir.

Tak lupa, ia mengajak seluruh prajurit, unsur Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat untuk tetap waspada dan bersama-sama atasi potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). “Satu lagi, jangan sampai kita kalah dengan keadaan. Kita harus bersatu padu mengentaskan Karhutla, sama-sama kita tuntaskan dan cegah terjadinya bencana asap,” tukasnya.

Sepanjang lawatannya ke Meranti, Danrem turut didampingi Dandim 0303 Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto bersama Pasiops Kapt. Czi. Suratmin, Pasilog Lettu. Inf. Ucok Doni Samosir, Penerangan Kodim 0303 Bengkalis dan rekan prajurit lainnya. (Kamsar)

Bagikan berita ini

Disqus comments