Pemkab Meranti Gelar Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2023 - TARGET RIAU

Selasa, 02 Mei 2023

Pemkab Meranti Gelar Upacara Peringatan Hardiknas Tahun 2023


MERANTI - Mewakili Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar yang sedang berdinas di luar daerah, Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Sudanri Jauzah, SH memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati, Selasa (2/5/2023).

Peserta upacara terdiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan guru, pelajar SD, SMP, SMA, mahasiswa dan ASN Pemkab Kepulauan Meranti.

"Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara. Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat," ucap Sudanri membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi RI.

Dilanjutkannya, demikian juga para guru berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang Iebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

"Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar," tambahnya. 

"Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan," sebutnya. (Prokopim)

Bagikan berita ini

Disqus comments